oleh

Srikandi Muda, Cerdas Hebat Mantap

Sejalan dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin pesat, disadari atau tidak, peran perempuan akhir-akhir ini semakin bergeser kearah yang lebih positif dan semakin berkembang. Jika dulu perempuan kerap kali hanya diidentikan dengan kecantikan dan keindahan, sekarang tidak lagi.

Mengerjakan pekerjaan rumah kini bukan lagi menjadi satu-satunya kegiatan perempuan. Peran perempuan belakangan ini semakin maju dan berkembang. Jumlah wanita karir di Indonesia kini semakin meningkat, bahkan saat ini menempati posisi yang diperhitungkan di dunia. Hal tersebut membuktikan bahwa masih banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan oleh perempuan di masa kini.

Namun sebelum kita melangkah lebih jauh membahas peran perempuan masa kini, mari kita intip terlebih dahulu sejarah perempuan pengggerak dari masa ke masa. Dari tanah Arab kita bisa mengambil contoh Siti Aisyah istri Rasulullah yang sangat sadar terhadap pendidikan. Tidak sedikit hadist Rasul yang telah dirawikannya. Sedangkan dari nusantara, kita dapat mengambil contoh Raden Ajeng Kartini, tokoh emansipasi wanita yang mendunia. Sosok Kartini merupakan salah satu contoh perempuan Indonesia yang sadar akan pendidikan serta ingin menggerakkan sesamanya. Ada juga Cut Nyak Dien, Martha Chistina Tiahahu, Dewi Sartika, R. Rasuna Said, dan Siti Walidah yang lebih dikenal sebagai Nyai Ahmad Dahlan, istri dari pendiri Muhammadiyah, Ahmad Dahlan.

Sedangkan untuk perempuan Indoneaia masa kini kita dapat, mematut Sri Mulyani, sebagai salah satu perempuan mendunia yang berpengaruh dalam bidang perekonomian. Dari uraian beberapa nama di atas, membuat saya semakin yakin bahwa perempuan dapat berpengaruh, bukan hanya untuk lingkup keluarga, tetapi juga dunia.

Peran perempuan saat ini bukan hanya dalam bidang pendidikan, tetapi lebih jauh, perempuan masa kini sudah ikut terlibat dalam karir ekonomi bisnis maupun politik.

Torehan prestasi itu tak bisa kita pungkiri lagi. Bashaer Othman satu-satunya Wali Kota termuda di dunia. Di usianya yang masih 17 tahun, dia diberi amanah untuk menduduki jabatan publik sebagai Wali Kota Allar, Tulkarm, Tepi Barat, Palestina.

Nah, di Indonesia peran perempuan cenderung masi kurang di bahas dalam agenda politik, terutama terkait dengan arah kebijakan publik. Padahal realitas hari ini telah terjawab sudah bahwa perempuan juga memiliki potensi luar biasa dalam mewarnai persoalan politik, ekonomi, sosial, hukum budaya dan lainnya untuk kemajuan sebuah bangsa.

Bahkan lahirnya bangsa ini tidak terpas dari peran tokoh-tokoh perempuan yang terukir dengan tinta emas sejarah.

Di Bolaang Mongondow Raya kita mengenal tiga srikandi cerdas dan hebat seperti Ny. Hj. Marlina Moha Siahaan, Ir. Hj. Tatong Bara dan dan Bogani perempuan pemberani yakni Dra. Yasti Soepredjo Mokoagow yang kemudian menginspirasi Cherish Harriette Mokoagow, BA, M.BA untuk mengambil estafet kepemimpinan di kanca nasional.

Keputusan Cherish Herriette Mokoagow, BA, M.BA (CHM) untuk maju dikanca politik nasional, sebagai bakal Calon Anggota DPD-RI tahun 2019, telah membuka mata dan kesempatan yang lebih besar bagi anak-anak muda untuk berani tampil di segala bidang termasuk di ranah politik dan pemerintahan.

Kehadirannya adalah untuk memfasilitasi secara nyata potensi kaum muda agar dapat menghasilkan sesuatu karya yang bermanfaat bagi rakyat.

Bagi Cherish yang merupakan alumni luar negeri sekaligus reporter CNN, tidak ada istilah terlalu muda untuk menduduki suatu jabatan, atau menjalankan suatu peran. Ini hanya soal membiasakan. Kalau orang sudah terbiasa membuat keputusan, itu tidak jadi masalah. Maka mereka kaum muda harus diberi kesempatan di ruang publik, sebagai bagian dari penyambung lidah rakyat.

Respon publik dengan hadirnya CHM pada momentum politik 2019 cukup mengkhawatirkan lawan-lawannya. Dan itu mengisyaratkan bahwa publik jatuh “Cinta” jatuh “Hati”, dan siap Mendukung CHM maju sebagai Calon Senator RI di senayan nanti. Lihatlah gelombang dukungan kepada CHM, dari yang tua, mama muda, dan para remaja begitu merasa terikat dengan sosok Srikandi Muda yang Cerdas, Hebat dan Mantap ini.

Dengan bait-bait puisi para fans CHM bergumam: Duhai engkau sang pencerah muda. Pemimpin masa depan daerah dan bangsa. Rakyat menunggumu didepan mengambil estafet kepemimpinan yang harus kau rekonstruksi ulang. Asalah semangat juangmu yang menggelora tertempa tak berhenti. Sebagai wujud rasa cinta baktimu pada negeri ibu pertiwi. Sungguh engkau calon pemimpin muda yang cerdas, hebat, mantap yang Insyaallah terpilih di negeri ini.

Dengan “Cinta” kita bersama, dengan “Harmoni” kita satu hati, dengan “Misi” kita bekerja maka terwujudlah masyarakat adil sejahterah. Insyaallah sukses, dan semoga Tuhan Memberkati .

#CerdasHebatMantapCHM)#
#CahayaHatiMasyarakatTotabuan#

Penulis: Abdussalam Bonde
Orang Doduo

Komentar