oleh

Tiga Hari Adnan Massinae Plh Wali Kota Kotamobagu

BolmongNews.com, KotamobaguPelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kotamobagu terpilih, Tatong Bara dan Nayodo Koerniawan (TBNK) dipastikan akan digelar 25 September mendatang.

Hal ini menyusul adanya penyampaianKepala Biro (Karo) Pemerintahan dan Humas Setda Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jemmy Kumendong, Senin (17/9).

“SK (Surat Keputusan) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kotamobagu terpilih masih sementara berproses di Kemendagri. Tapi jadwal pelantikan sudah ditetapkan pada Selasa tanggal 25 September 2018,” kata Kumendong.

Lanjutnya, lokasi pelantikan akan dilaksanakan di Kantor Gubernur Sulut, di Manado.

“Dan sesuai aturan bapak Gubernur Olly Dondokambey yang akan melantik kepala daerah terpilih,” ucapnya.

Ia menambahkan,  Sekretaris Daerah (Sekda) Kotamobagu, Adnan Massinae akan ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Wali kota Kotamobagu setelah masa jabatan Tatong Bara dan Jainuddin Damopolii (TB-JaDi) berakhir 22 September 2018 mendatang.

“Sebelum ada wali kota definitif yang akan dilantik 25 September, akan ditunjuk pelaksana harian (Plh). Nah, untuk mengisi kekosongan penjabat, Sekda yang akan ditunjuk sebagai Plh. Kalau di Kotamobagu ya Sekot yang menjabat,” tambahnya.

Penunjukan sekretaris daerah (Sekda) Kotamobagu sebagai pelaksana harian (Plh) Wali Kota, sudah berdasarkan aturan yang berlaku dan akan dibuat surat penunjukan.

“Otomatis Plh-nya sekretaris daerah, karena hanya beberapa hari saja mengisi kekosongan dalam memimpin pemerintahan. Kepada Plh yang ditunjuk, agar dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diberikan, serta mengawal pemerintahan di Kotamobagu sampai dengan pelantikan Walikota dan Wakil Walikota definitif,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kotamobagu, Adnan Massinae, saat dikonfirmasi mengaku belum menerima informasi terkait penunjukan dirinya sebagai Plh Walikota Kotamobagu.

“Maaf saya tidak bisa berkomentar lebih, karena saya belum tahu,” singkatnya.

Terpisah, Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Setda Kotamobagu, Marham Anas Tungkagi.

Ia mengungkapkan, SK pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Kotamobagu terpilih pekan ini sudah terbit.

“Pak Sekwan akan ke jakarta menjemput langsung SK pelantikan, karena minggu ini tinggal diambil. Sebab, dari pekan lalu sudah diurus, tapi kami belum mendapat kabar apakah sudah ada atau belum minggu ini,” ujarnya. (ewin)

Komentar