Soal Prajabatan CPNS Kotamobagu, Sande: Lebih Cepat Lebih Baik

BOLMONGNEWS.COM, Kotamobagu—Pendidikan dan pelatihan (Diklat) prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Kotamobagu, dijadwalkan awal tahun ini. Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Kotamobagu Sande Dodo mengatakan, waktu pelaksanaanya segera dilaksanakan. “Lebih cepat lebih baik,” kata Sande, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, Senin (6/1/2020) kemarin.

Disinggung soal keterlambatan pelaksanaan diklat prajabatan apakah mempengaruhi status CPNS ke PNS, menurutnya, hal itu pasti berpengaruh. Terutama pada pengusulan SK menjadi PNS. “Diklat prajabatan itu syarat menjadi PNS. Resiko lainnya juga pada gaji belum 100 persen dan belum ada tambahan penghasilan pegawai,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Kotamobagu, Sahaya Mokoginta  mengatakan, diklat prajabat diupayakan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. “Triwulan I ini akan dilaksanakan,” katanya.

Lanjutnya, tempat pelaksanaan direncanakan di Balai Diklat Provinsi Sulut. Akan tetapi, untuk saat ini pihaknya belum bisa memberikan secara pasti tanggal dan bulan pelaksanaanya. “Kami masih akan melakukan koordinasi lagi dengan Balai Diklat. Termasuk juga jadwal pelaksanaanya apakah golongan II dan Golongan III itu secara bersamaan atau pisah,” ujarnya.

Diketahui, untuk wilayah Bolaang Mongondow Raya, daerah yang belum melaksanakan Diklat Prajabatan CPNS, tersisa Kota Kotamobagu. Dimana daerah tetangga lainnya sudah terlaksana sejak tahun 2019 lalu. Di Kota Kotamobagu tercatat sebanyak 232 CPNS yang lulus dalam seleksi. (ewin)

Komentar