oleh

Pencaker di Kotamobagu Meningkat

BolmongNews.com, Kotamobagu—Pencari Kerja (Pencaker) di Kota Kotamobagu semakin meningkat. Selang Januari hingga bulan Agustus 2018, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Distrinaker) Kotamobagu mencatat sebayak 491 pencari kerja di Kotamobagu.

Kepala Distrinaker Kotamobagu melalui Kepala Bidang Tenaga Kerja Idris Amparodo mengatakan, jumlah tersebut meningkat dibandingkan pada 2017 lalu sebanyak 317.

 “Hal ini terlihat dari jumlah pengurusan Kartu Kuning atau K1, dimana kartu tersebut merupakan persyaratan yang dibutuhkan ketika mencari pekerjaan. Nah, untuk tahun ini jauh lebih meningkat yaitu sebanyak 491 dibandingkan sepanjang 2017 yang hanya sebanyak 319 K1 yang diterbitkan,” ungkapnya.

Menurut Idris, penerbitan K1 merupakan salah satu upaya pemerintah dimana untuk para pencari cepat memperoleh pekerjaan serta mampu menekan angka pengangguran di Kotamobagu. “Dengan begitu, mereka para pencari kerja lebih dimudahkan,” ujarnya.

Ia menamahkan, banyaknya perusahaan yang baru maupun yang lama di Kotamobagu yang membukan lowongan pekerjaan, dapat memberikan peluang bagi para pemuda untuk mendapatkan pekerjaan.

“Meningkatnya jumlah tenaga kerja dikarenakan banyaknya perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan baik dari kotamobagu maupun dari luar. Ada juga beberapa perusahaan yang kami datangi seperti Indomart dan Alfamart dimana untuk perekrutan tenaga kerja harus diprioritaskan warga kotamobagu, nah itu salah satu upaya kami dalam menekan angka pengangguran,” tambahnya

Setelahnya para mengurus K1 diwajibkan melapor ke Distrinaker apabila sudah diterima bekerja di perusahaan yang dituju.

“Yah, itu mereka harus melaporkan lagi, supaya kita bisa tau jumlah tenaga kerja atau pencari kerja yang tersalur di Kotamobagu,” tandasnya. (ewin).

Komentar