oleh

Pemkot Finalisasi Relokasi Pedagang Pasar

KOTAMOBAGU — Pemerintah Kota Kotamobagu menggelar rapat finalisasi teknis terkait relokasi pedagang pasar serasi dan pasar Ikan ke Pasar Rakyat Genggulang, Senin, 1 Agustus 2020, di Aula Rumah Dinas Wali Kota, Jalan Ahmad Yani Kotamobagu.

Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, yang memimpin langsung rapat mengatakan rapat diagendakan untuk membahas berbagai persiapan terkait pelaksanaan relokasi.

“Iya, hari ini kita menggelar rapat finalisasi untuk teknis relokasi para pedagang. Kami membahas berbagai hal yang harus dipersiapkan jelang pelaksanaan relokasi yang rencananya akan dimulai pada Rabu, 3 Agustus mendatang. Ini penting dilakukan agar pada saat pelaksanaan nanti semuanya bisa terkoordinasi dengan baik,” ucap Sofyan.

Pemerintah Kota Kotamobagu sendiri berharap pelaksanaan relokasi ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang direncanakan.

Hal ini tentu membutuhkan dukungan dan kerjasama seluruh stakeholder yang terlibat langsung.

“Dalam relokasi ini Pemkot telah membentuk tim yang melibatkan seluruh perangkat daerah untuk menangani langsung tahapan relokasi. Selain itu jajaran TNI dan Polri juga masuk sebagai tim kerja. Seluruh tim akan bekerja dengan pendekatan persuasif. Kami berharap kerja-kerja dari tim relokasi pasar ini mendapatkan dukungan serta kerjasama dari para pedagang yang akan direlokasi,” ujarnya.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Kotamobagu, Ariono Potabuga,
menambahkan relokasi pedagang dari Pasar Serasi dan Pasar Ikan ke Pasar Rakyat Genggulang merupakan agenda pemerintah daerah yang sudah direncakanan sejak lama.

“Sudah cukup tersosialisasi kepada para pedagang baik secara langsung maupun lewat berbagai media, dan saat ini kembali diagendakan pelaksanaannya dan sudah disosialisasikan lagi kepada para pedagang,” ucap Ariono.

Tahapan relokasi akang diawali dengan penertiban pedagang yang berjualan di badan jalan di area pasar 23 Maret, yang pelaksanaannya pada 3 Agustus 2022 dimulai pukul 02.30 Wita. Pada hari yang sama juga akan dilakukan pembatasan akses mobilitas barang dan orang ke area Pasar Serasi dan Pasar Ikan.

“Selanjutnya pada tanggal 4 Agustus 2022 kami mengajak dan menghimbau kepada seluruh pedagang yang berada di Pasar Ikan dan Pasar Serasi untuk bersedia pindah ke Pasar Genggulang, karena kedua pasar tersebut akan dihentikan operasionalnya untuk sementara dan selanjutnya akan dibangun kembali sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku,” ujar Ariono.

Rapat dihadiri seluruh tim kerja relokasi pasar Pemkot Kotamobagu, Kasdim 1303 Bolaang Mongondow Mayor Arh. Achmad Janis, Kabag OPS Polres Kota Kotamobagu, Kompol. Johan Damopolii, Kapolsek Kotamobagu AKP Luther Ta’dung, Kasat Intelkam Polres Kota Kotamobagu, AKP Jocke Meteng. (*/Erwin Makalunsenge)

Komentar