Pemerintah Desa Didorong Kembangkan Potensi Wisata

BOLMONGNEWS KOTAMOBAGU—Selain memiliki komoditas tanaman perkebunan, seperti kopi, kemiri dan lainnya. Desa Bilalang I, yang berada di ujung Utara Kota Kotamobagu ini, juga menyimpan berbagai potensi alam yang menjanjikan.

Data di dapat dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), tercatat ada tiga objek wisata alam di desa tersebut, yakni Air Panas Malelang, Air Batu Putih dan Kawasan Batu Putih Malelang.

Besarnya potensi wisata alam di desa tersebut membuat Pemerintah Kota (Pemkot) terpanggil untuk mengembangkannya. Namun demikian, pengembangan semua objek wisata itu dilakukan secara bertahap.

“Kita sudah menginventarisir semua objek itu dan telah memasukannya ke dalam Ripparda (Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah) Kota Kotamobagu 2017-2023. Bukan hanya (objek wisata) di Desa Bilalang I saja, tapi semua akan dikembangkan tapi dilakukan secara bertahap,” kata Kepala Disparbud, Moch Agung Adati.

Mantan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) itu juga mendorong pemerintah desa untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di desa masing-masing dengan menggunakan anggaran dari Dana Desa (Dandes) maupun Alokasi Dana Desa (ADD).

“Pemerintah desa harus jeli melihat semua potensi yang ada. Kemudian kembangkan agar kedepannya bisa menjadi sumber pendapatan desa,” ujarnya. (tr-01/ewin)

 

Komentar