oleh

Kunker ke Kemenkes RI, DPRD Minta RSUD Kotamobagu Diprioritaskan

BOLMONGNEWS KOTAMOBAGU—Komisi gabungan DPRD Kota Kotamobagu yang dipimpin Wakil Ketua DPRD, Djelantik Mokodompit, berkunjung ke Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI, Kamis (2/8/2018).

Dalam kunjungan kerja tersebut, para wakil rakyat itu melakukan konsultasi pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu. Selain itu, melobi sejumlah program bantuan  Kemenkes RI dan penambahan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk RSUD Kotamobagu yang akan dijadikan sebagai rumah sakit rujukan di Bolmong Raya.

“Kami melakukan konsultasi pelayanan kesehatan di rumah sakit Kotamobagu. Selain itu konsultasi penambahan dana DAK tahun 2019 untuk menunjang pelayanan di rumah sakit Kotamobagu yang akan dijadikan sebagai rumah sakit rujukan di Bolmong Raya,” ungkap anggota DPRD Kotamobagu, Riana Sari Mokodongan.

Selain itu, kata Riana, dalam kunjungan itu mereka juga meminta kepada Kemenkes RI untuk memprioritaskan bantuan kepada rumah sakit Kota kotamobagu.

“Seperti pengadaan alkes lewat dana DAK dan dana Dekon. Termasuk juga pengadaan tenaga ahli, rumah sakit Kotamobagu diharapkan menjadi prioritas,” katanya.

Riana menjelaskan, Kemenkes RI meminta agar seluruh kebutuhan RS maupun Puskesmas dimasukan dalam sistem aplikasi e-planning.

“Untuk dokter ahli pemerintah daerah boleh meminta ke Kemenkes lewat program wajib kerja dr spesialis. Kemudian rumah sakit juga diminta untuk membuat sistem penanganan kegawat-daruratan terpadu. Sepeti media center, nantinya sistem kerjanya hanya lewat telepon, program itu ada bantuannya yaitu mobil ambulance standar ICU. Nah kalau itu sudah ada, jika ada warga yang sakit langsung dijemput dirumah, kalau kondisinya sudah gawat,” jelasnya. (ewin)

Komentar