oleh

Khusus Jalan Lorong, Warga Usul Pemkot Adakan Motor Pengangkut Sampah

BolmongNews.com, KotamobaguSejumlah warga Kota Kotamobagu meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menyiapkan motor pengangkut sampah.

Motor pengangkut sampah ini nantinya akan keliling ke rumah-rumah warga untuk mengambil  sampah yang diletakan di depan rumah. Khususnya di jalan lorong atau jalan setapak.

“Kami berharap Pemkot Kotamobagu menyiapkan motor pakai gerobak (Motor pengangkut sampah) khusus di jalan lorong yang tidak bisa dijangkau oleh mobil pengangkut sampah,” kata Roni salah satu warga Tumobui Kecamatan Kotamobagu Timur.

Roni mengatakan, selama ini ia bersama warga lainnya kesulitan membuang sampah. Sebab, ia harus berjalan lebih dari 50 meter ke tempat sampah yang berada di pinggiran jalan raya.

“Tempat sampah itu jauh dari rumah kami. Sampah juga tidak bisa hanya diletakan di depan rumah karena mobil pengangkut sampah tidak bisa masuk, jalan kecil,” katanya.

Disisi lain kata Roni, dirinya harus membayar retribusi sampah yang sama dengan warga lain.

“Kami dilorong bayar retribusi sampah sama juga dengan yang ada didepan jalan raya. Tapi mereka yang di depan jalan raya tidak seperti kami, setiap hari  membawa sampah ke tempat sampah yang jaraknya cukup jauh dari rumah kami,” ucapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Alfian Hassan, mengatakan, usulan warga tersebut sangat baik.

“Itu sangat bagus sekali, biar bisa menjangkau ke semua rumah yang tidak bisa dijangkau mobil pengangkut sampah, karena lorong dan jalan setapak itu sempit jalannya,” katanya, kepada BolmongNews.com, Jumat (15/2/2019) .

Namun, kata Hassan, dirinya akan melihat dulu program-program yang akan dilaksanakan pada tahun  ini di DLH.

“Saya kan baru di DLH, untuk sekarang ini saya belum tahu apa saja programnya. Saya cek dulu kalau ada nanti diupayakan untuk direalisasikan. Jika tidak kedepan itu bisa menjadi program kami,” pungkas Hasan yang baru diberikan SK Plt Kepala DLH dua hari lalu itu. (ewin)

Komentar