oleh

Kantor Imigrasi Kotamobagu Gelar Pelayanan Paspor Masuk Desa

KOTAMOBAGU – Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu melaksanakan kegiatan Pelayanan Paspor Masuk Desa, Kamis 21 Juli 2022.

Desa Mopuya Utara I, Kecamatan Dumoga Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mejadi wilayah yang dikunjungi Kantor Imigrasi Kotamobagu.

Kegiatan yang berlangsung sekira pukul 09.00 Wita, adalah merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Tahun 2022.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu Usman membenarkan adanya Program Paspor Masuk Desa dan tahapan pelayanan paspor di Desa Utara I.

Dirinya menyebutkan, bahwa pemohon Paspor mencapai 23 orang. Semuanya digunakan untuk Ibadah Umroh.

Untuk pelayanan Paspor tersebut, dimulai dari pemeriksaan berkas, entry data, wawancara dan pengambilan biometrik.

“Alhamdulillah, kegiatan kita hari ini berjalan dengan lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang ketat,” ujar Usman.

Selain itu, Usman berharap, dengan adanya program masuk desa ini, bisa memudahkan masyarakat yang ada, agar tak lagi repot-repot lagi datang ke Kantor Imigrasi Kotamobagu.

“Pada pokoknya, Kantor Imigrasi Kotamobagu terus mengedepankan pelayanan prima kepada masyarakat, selain itu masyarakat dapat memanfaatkan pelayanan ini dengan baik,” imbuhnya.

Sementara itu, kegiatan tersebut ikut mendapatlkan apresiasi serta sambutan hangat dari Pemerintah Desa Mopuya Utara I, Sangadi Susanto.

“Selaku aparatur Desa Mopuya Utara I, kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kegiatan Pelayanan Paspor Masuk Desa dari Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu,” ungkapnya.

Ia menilai, dengan adanya layanan ini, masyarakat setempat dapat dengan mudah mengajukan permohonan paspor tanpa perlu repot-repot lagi datang ke Kantor.

“Dalam mengajukan permohonan paspor untuk ibadah umroh, kami sangat terbantukan dengan program ini,” tutur Sangadi.

Diketahui, kegiatan Pelayanan Paspor Masuk Desa ini, terlaksana atas kerjasama dengan PT Panglima Ekspres yang berdiri di Desa Mopuya Utara I.

Kepala Imigrasi Kotamobagu pun turut didampingi Kabid Perizinan Informasi dan Komunikasi Anak Agung Narayana, Kasubid Informasi Keimigrasian Ready Ratag, Kasubsi Dokumen Perjalanan Jan Peterson dan Kasubsi Informasi dan Komunikasi Fecky Fredrik Tumbuan.

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar