“Immigration Goes To School” Disambut Antusias para Siswa-Siswi SMK N 1 Modoinding

BNews, SULUT – Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu melaksanakan kegiatan sosialisasi penyebaran informasi Keimigrasian yang bertajuk “Immigration Goes To School” di SMK Negeri 1 Modoinding, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Rabu 5 April 2023.

Informasi yang disebar luaskan adalah mengenai Sekolah Kedinasan Politeknik Imigrasi, tugas dan fungsi Imigrasi, Paspor dan Aplikasi M-Paspor.

Adapun menjadi Narasumber pada kegiatan ini adalah Kepala Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Keimigrasian (Kasi Dokintal) Rodinson Saragih, Kasubsi Infokim Fecky F Tumbuan dan Alumni Politeknik Imigrasi Robby Syahputra yang saat ini telah bertugas di Kantor Imigrasi Kotamobagu.

Sementara dalam Materi pertama yang disampaikan terkait mengenai Sekolah Kedinasan Politeknik Imigrasi yang dibawakanoleh Robby Syahputra.

Baca JugaGaruda Indonesia dan Ditjen Imigrasi Resmikan Layanan Jalur Khusus Keimigrasian

Robby Syahputra sendiri merupakan alumni Poltekim Angkatan 21. Ia pun mengawali dengan penyampaian Visi dan Misi dari Politeknik Imigrasi.

Selanjutnya, jumlah program pendidikan, lama pendidikan, serta kehidupan selama menjadi Taruna/i Politeknik Imigrasi.

Kemudian dirinya menyampaikan sejumlah persyaratan, baik itu secara administrasi dan fisik, untuk menjadi seorang Taruna/i Poltekim.

Kegiatan ini pun begitu antusiasme diikuti oleh para siswa/i SMK Negeri 1 Modoinding yang ternyata sangat besar sekali dengan adanya kegiatan Immigration Goes To School. Terutama pada materi sekolah kedinasan.

Baca JugaKemenkumham Buka Pendaftaran Calon Taruna Pemasyarakatan dan Imigrasi

Bahkan, beberapa siswa yang hadir ikut melontarkan pertanyaan-pertanyaan seputar sekolah kedinasan.

Dalam kesempatan tersebut, Kasi Dokintal Rodinson Saragih, juga ikut melanjutkan materi mengenai tugas dan fungsi Imigrasi, pelayanan keimigrasian dan paspor.

Materi tersebut secara khusus bertujuan untuk memberikan gambaran kepada para siswa terkait tugas dan fungsi imigrasi, sekaligus memberikan gambaran juga apabila telah menyelesaikan pendidikan dari Politeknik Imigrasi dan terjun ke dunia kerja sebagai ASN Imigrasi.

Sehingga, itu dapat memberikan motivasi lebih lagi untuk masuk ke Politeknik Imigrasi.

“Tujuan dari kegiatan Immigration Goes to School oleh Kantor Imigrasi Kotamobagu ini adalah, untuk mempromosikan pemahaman yang lebih baik tentang sistem Imigrasi dan regulasi imigrasi kepada siswa sekolah,” ucapnya.

Baca JugaDitjen Imigrasi Bahas Kerja Sama Layanan Keimigrasian dengan VFS Global

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat hubungan antara Kantor Imigrasi Kotamobagu dengan masyarakat, serta untuk memberikan informasi yang benar dan akurat tentang tugas dan fungsi Imigrasi,” imbuh Rodinson.

Usai itu, kegiatan pun dilanjutkan dengan pemaparan terkait Aplikasi M-Paspor yang dibawakan oleh Kasubsi Infokim Fecky F. Tumbuan.

Kegiatan kemudian ditutup dengan dialog ringan dengan para siswa yang hadir dalam kegiatan ini.

Ia berharap kegiatan ini dapat membantu siswa memahami pentingnya tugas dan fungsi Imigrasi, memahami konsekuensi dari pelanggaran Keimigrasian dan cara-cara untuk mencegahnya.

“Kegiatan ini diharapkan dapat membantu siswa memahami peran Kantor Imigrasi dalam menjaga keamanan nasional yaitu sebagai penjaga gerbang pintu negara,” pungkasnya.

Penulis : Wahyudy Paputungan

Komentar