Hadiri Sholat Tarawih Berjamaah, Karutan Kotamobagu Sampaikan Kultum di Hadapan Warga Binaan

BNews, KOTAMOBAGU – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kotamobagu Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara (Sulut), melaksanakan Sholat Isya dan Tarawih Berjamaah di Masjid At-Taubah Rutan Kotamobagu, Senin 11 Maret 2024.

Hadir langsung dalam Sholat Berjamaah tersebut, Kepala Rutan (Karutan) Aris Supriyadi dan sejumlah Pejabat Rutan, Pegawai, beserta warga binaan Rutan Kotamobagu.

Dalam kesempatan tersebut, Karutan Kotamobagu Aris Supriyadi ikut menyampaikan Kultum di hadapan pegawai dan warga binaan yang hadir terkait dengan keutamaan puasa di bulan suci Ramadhan bagi setiap muslim untuk meraih ketaqwaan dan pahala surga.

Karutan juga menegaskan bahwa ibadah puasa bukan menjadi ritual baru dalam sejarah umat manusia.

Sebelum datangnya Islam, umat-umat terdahulu paling tidak penganut agama samawi telah lebih dulu menjalankan tradisi ini.

Bahkan, kata Karutan, dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 183 disebutkan pula kewajiban berpuasa dilakukan sebagaimana yang telah dijalankan umat terdahulu.

“Perintah puasa ramadhan sebagaimana Firman Allah SWT Baqarah ayat 183, Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. Bahwa perintah ibadah puasa Ramadhan telah dilaksanakan oleh umat terdahulu, bahkan sebelum umat Nabi Muhammad SAW. Untuk itu sebagai seorang muslim yang telah baligh dan berakal sehat, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini agar kita menjadi umat yang bertaqwa,” tegas Karutan.

Demikian, Karutan kembali mengingatkan seluruh warga binaan untuk tetap menjaga situasi Kamtib di dalam Rutan selama bulan suci Ramadhan.

“Saya pun meminta agar seluruh pejabat struktural dan petugas yang beragama Islam diharapkan membantu setiap hari untuk kelancaran kegiatan tersebut dengan menjaga kemanan dan ketertiban yang kondusif,” ucapnya.

“Marhaban Ya Ramadhan, selamat menjalankan ibadah puasa di bulan penuh pengampunan ini,” sambung Karutan.

Seluruh rangkaian kegiatan pun berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada gangguan kamtib.

Bahkan, guna memberikan pelayanan serta pembinaan kerohanian, Karutan Aris Supriyadi menerjunkan petugas piket Tarawih sebanyak 8 orang.

Para personel pun melaksanakan pengawalan dan pengawasan terhadap 192 warga binaan yang tengah melaksanakan ibadah Sholat Isya,Tarawih dan Tadarus Qur’an di bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah.

Komentar