oleh

FAD Kotamobagu Ikut Kegiatan Hari Anak Sedunia ASEAN di Manado

BNews, KOTAMOBAGU — Forum Anak Daerah (FAD) Kotamobagu, mengikuti sejumlah rangkaian kegiatan peringatan Hari Anak Sedunia (HAS) dan Forum Anak ASEAN, tahun 2022 di Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Kegiatan tersebut berlangsung sejak tanggal 18 hingga 20 November 2022.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kotamobagu, Meike R. Sompotan, mengatan pihaknya mengirim 12 orang anak untuk mengikuti kegiatan tersebut.

“Anak-anak FAD Kotamobagu berjumlah 12 orang dimana 3 orang FAD menjadi panitia kegiatan dan 9 orang lainnya menjadi peserta kegiatan,” katanya.

Mewakili Pemerintah Kotamobagu, Meike berharap dengan mengikuti kegiatan tersebut dapat memberikan dampak positif bagi FAD Kotamobagu.

“Harapannya setelah mengikuti kegiatan ini adalah kedepan FAD Kotamobagu lebih semangat lagi untuk melaksanakan kegiatan bersama dengan pemerintah dalam hal perlindungan dan pemenuhan hak anak di daerah Kotamobagu,” tururnya.

Berikut ini rangkaian kegiatan Hari Anak Sedunia dan Forum Anak ASEAN 2022:

– Kegiatan hari pertama 18 November 2022, Mengikuti welcome lunch di Graha Gubernur Sulut dan dilanjutkan dengan city tour Manado ke Malalayang beach walk.

– Kegiatan Hari kedua 19 November 2022, mengikuti kegiatan warung kopi nusantara dimana FAD mempresentasikan rencana aksi forum anak daerah dari 34 provinsi se indonesia tentang kampanye stop perkawinan anak. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan forum anak daerah (FAD) provisi se indonesia di Danau Linow, Kota Tomohon. Dan mengikuti kegiatan permainan trdisional, penampilan seni, sosialisasi gerakan sapa 129 dan pemberian penghargaan sehari menjadi menteri oleh Asdep PKAK dan pemenang lomba tik-tok si PATOKAAN. Kegiatan ini diikuti oleh FAD dan delegasi ACF/ASEAN Children forum di rumah alam Manado.

– Kegiatan hari ketiga 20 November 2022, mengikuti kegiatan puncak peringatan hari anak sedunia (HAS) tahun 2022 di kawasan Megamas Manado.

Kegiatan diawali dengan perkenalan masing-masing perkenalan masing-masing anak-anak utusan daerah se Indonesia dan perserta delegasi ACF ke tamu yg hadir pada acara puncak peringatan HAS.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Gubernur Sulut, dilanjutkan dengan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, SE.M.SI.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan suara anak oleh perwakilan Delegasi ACF dari Singapura dan FAD Indonesia.

Dilanjutkan dengan pencanangan rumah ibadah ramah anak oleh menteri didampingi oleh 5 orang pemuka agama. dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh anak-anak FAD perwakilan dari 5 agama, dimana yang menjadi perwakilan pembaca doa Agama Islam adalah FAD Kotamobagu.

Turut hadir pada acara, Wakil Gubernur Sulut, Forkopimda Sulut, beberapa pejabat di lingkungan Pemprov Sulut.

Pemerintah Kotamobagu melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak turut hadir dalam acara sekaligus menjadi pendamping Forum Anak Daerah Kotamobagu. (*)

Reporter: Miranty Manangin

Komentar