Disparbud Dorong Pengembangan Objek Wisata

BOLMONGNEWS.COM, Kotamobagu–Kotamobagu tak hanya memiliki potensi pertumbuhan ekonomi melalui sektor jasa. Sumber daya alam yang menunjang, bisa dijadikan objek wisata yang mampu mendorong ekonomi masyarakat.

Meski begitu, dengan adanya sejumlah sektor wisata, namun hal tersebut harus ditopang dengan kesadaran masyarakat untuk melestarikan potensi wisata yang ada.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kotamobagu, Agung Adati mengajak masyarakat untuk sadar wisata demi terciptanya peluang desa wisata yang ada di Kotamonagu.

Pngembagan desa dalam menciptakan kewirausahaan dan kemasyarakatan lanjut Agung, diharapkan pelaku usaha maupun masyarakat pariwisata termotivasi untuk mengindentifikasi berupa atraksi yang ada di Desa atau di Kelurahan.

“Kotamobagu sudah memiliki potensi wisata, baik wisata alam, wisata budaya maupun wisata buatan, jadi pelaku usaha dan masyarakat pariwisata untuk proaktif dengan membentuk kelompok sadar wisata,” ujarnya.

Menurutnya, kelompok sadar wisata harus dimulai dari tingkatan bawah.

“Agar Pemerintah Kotamobagu dapat berupaya untuk menjadi fasilitator ke pusat untuk seperti mendatangkan motifator supaya untuk lebih lagi memiliki wawasan, pengetahuan untuk lebih bersemangat dalam membangun pengembangan pariwisata yang ada di Kotamobagu,” ungkapnya.

Di Kotamobagu memiliki wisata alam seperti air terjun polipungan, Hutan Kota, Gunung Sia, Air Mendidih Bilalang.

“Tapi selain itu mungkin ada di desa yang perlu digali lagi tentang potensi wisatanya, jadi kedepan Kotamobagu juga akan lebih dikenal dengan icon pariwisata daerahnya,” jelasnya.(ewin)

Komentar