Diskominfo Kotamobagu Terima Kunjungan Kerja Kemenkominfo RI

BNews, KOTAMOBAGU – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotamobagu menerima kunjungan kerja dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia, di Ruang Kerja Kepala Dinas Kominfo Kotamobagu, Rabu (04/09/2024).

Perwakilan Kemenkominfo, Chandra Muliano, menyampaikan bahwa kunjungan ini dilakukan dalam rangka evaluasi terkait layanan panggilan darurat 112.

“Kunjungan ini bertujuan untuk menyusun dokumen Feasibility Study (FS) Pedoman Sistem Komunikasi Nasional untuk Perlindungan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana (Siskomnas PMPB),”ucapnya saat ditemui awak media usai kegiatan.

“Kami hari ini datang juga melakukan survei terkait sarana dan prasarana layanan 112, yang mencakup aplikasi, komputer, perlengkapannya, serta sumber daya manusia (SDM) yang menunjang layanan tersebut,”sambungnya.

Sementara itu, Kepala Bidang TIK Kominfo Kotamobagu, Indra Supriadi, menambahkan bahwa kunjungan ini merupakan agenda rutin tahunan Kemenkominfo untuk memastikan keberlangsungan layanan 112 di setiap daerah.

“Kunjungan ini hanya sebatas survei, bukan untuk penilaian. Tujuannya untuk melihat apakah layanan 112 di daerah masih berjalan dengan baik atau tidak,” jelasnya.

Indra juga menyebutkan bahwa layanan 112 di Kotamobagu mendapat dukungan penuh dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, termasuk Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A).

“Kami tetap akan melakukan evaluasi dengan dinas terkait dalam beberapa bulan ke depan untuk memastikan layanan ini terus berjalan optimal,” tambahnya.

Kunjungan kerja dari Kemenkominfo ini diharapkan dapat memastikan bahwa layanan 112 di Kotamobagu terus berfungsi dengan baik, memberikan respons cepat terhadap kondisi darurat, serta memperkuat sistem komunikasi nasional untuk perlindungan masyarakat dan penanggulangan bencana.

Reporter: Nindy Pobela

Komentar