CAT CPNS Kotamobagu, 848 Peserta Hanya 10 Lulus Passing Grade

BolmongNews.com, Kotamobagu–Ujian Computer Assited Test (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Kotamobagu Tahun 2018, berakhir Senin (5/11).

Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dibuka langsung Wakil Wali Kota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, Minggu (5/11), dibagi oleh tim panitia seleksi (Pansel) menjadi 8 sesi.

Berdasarkan data yang diperoleh melalui tim Pansel CPNS Kota Kotamobagu, peserta yang mengikuti seleksi hingga pada hari terakhir berjumlah 848 orang.

Namun, dari sesi pertama hingga terakhir, hanya 10 peserta yang berhasil mencapai nilai standar passing grade  atau ambang batas nilai yang ditetapkan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi dan Birokrasi (KemenPAN-RB).

Jumlah peserta yang lulus Passing Grade tersebut, jika dihitung sesuai kebutuhan formasi CPNS yang ditetapkan beberapa waktu lalu yakni 300 CPNS, terhitung hanya 0,3 persen dari jumlah yang dibutuhkan.

Secara otomatis dipastikan, Pemkot Kotamobagu akan mengalami kekosongan formasi yang ditetapkan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Kotamobagu, Sahaya Mokoginta, saat dikonfirmasi usai pelaksanaan tes, mengatakan, untuk hasil tes CAT tersebut, pihaknya tetap akan memberikan laporan dan berita acaranya ke KemenPAN-RB.

“Tentu untuk hasil yang ada ini kita akan buatkan berita acaranya. Terkait masalah tidak terpenuhinya kuota formasi itu kami juga akan konsultasikan. Semoga KemenPAN bisa mempertimbangkanya,” katanya.

Sahaya menjelaskan, dalam proses rekrutmen CPNS ini sebagaimana menjadi syarat kelulusan, para peserta harus mampu memenuhi angka standar ambang batas.

“Yang dinyatakan lulus itu adalah peserta yang mencapai passing grade, jadi kami juga hanya mengacu dari aturan itu. Harapan kami semua formasi ini bisa terpenuhi,” jelasnya.

Selain itu, Ia berpesan, agar peserta yang belum lulus tes CPNS tahun ini, bisa bersabar dan tetap semangat.

“Tetap berbesar hati, kita berdoa agar Insha Allah ada jalan keluar, juga harus tetap semangat karena rezeki Tuhan yang mengatur. Kita sudah berusaha sebagai bentuk ikhtiar kita,” tandasnya.

Diketahui para peserta yang lulus tes terdiri dari dua Dokter, Satu Bidan, Empat  Guru, Dua tenaga teknis serta Satu Apoteker. (ewin)

Daftar peserta CPNS Kota Kotamobagu yang lulus Passing Grade:

  1. Arif Purwo Wibowo
  2. Yuli Ratnasari Pontoh
  3. Mohamad Razack Nugroho
  4. Desy Astriani Massi
  5. Astie Angriani Mangati
  6. Intan Permatasari Gobel
  7. Cliff Winky Suangi
  8. Fadhilah Riski
  9. I Gusti Ayu Ratih.
  10. Kurniawati Djangkarang

(Sumber Pansel CPNS KK)

Komentar