oleh

Bulan ini, Dispertanak Salurkan Bantuan Benih Ikan

BOLMONGNEWS KOTAMOBAGU—Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu pertengahan bulan July mendatang, akan menyalurkan bantuan kepada 10 kelompok budi daya ikan Nila di Kotamobagu.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Dispertanak) Kotamobagu Muljadi Suratenodjo melalui Kepala Bidang Perikanan Anto Mamonto.

“Sekitar pertengahan bulan ini (July). Nanti akan disalurkan ke 10 kelompok, masing-masing setiap kelompok akan mendapatkan bantuan 10 ribu ekor,” ungkapnya.

Anto mengatakan, bantuan benih ikan ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Kotamobagu. Dimana setiap kelompok yang terdiri dari 10 orang harus memiliki stuktur pengurunya dan bukan kelompok fiktif.

“Bantuan ini sudah sesuai SK Wali Kota. Kelompok itu harus jelas anggota dan KSB (Ketua, Sekertaris dan Bendahara).

Namun, sebelum disalurkan, Anto menerangkan akan melakukan evaluasi kesiapan kelompok penerima budi daya ikan nila tersebut.

“Kami akan lakukan pengecekan lapangan, setiap anggota kelompok harus memiliki lahan untuk budi daya ikan ini. Itu persyaratannya,” terangnya.

Lanjutnya, Pemerintah telah menyiapkan bantuan benih ikan yang dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Kita juga dapat jatah untuk tahun ini bantuan benih ikan nila dari APBN sebanyak 250 ribu. Direncanakan akan disalrukan untuk 10 kelompok. Untuk ikan mas sebanyak 25 ribu ekor kepada 5 kelompok,” tutupnya. (tr-01/ewin)

Komentar