Begini Cara Asyik BNN Bolmong Ajak Generasi Milenial untuk Perangi Narkoba

BNews, KOTAMOBAGU – Potensi dan peran penting generasi muda atau yang akrab disapa kaum Milenial, Badan Narkotika Nasional (BNN) Bolaang Mongondow (Bolmong) gandeng komunitas Stand Up Comedy Indo BMR.

BNN Bolmong pun, punya cara tersendiri untuk mengajak kaum Milenial, khususnya di Bolaang Mongondow Raya (BMR), untuk bareng-bareng cegah dan perangi narkoba.

Bertempat di Warung Kopi (Warkop) Jarod, tepatnya di Jalan Merdeka, Kelurahan Matali, Kecamatan Kotamobagu Timur, BNN Bolmong gelar kompetisi Stand Up Comedy.

Kegiatan ini dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) BNN ke 21 tahun. Bahkan, acara yang disponsori langsung Pemkot Kotamobagu, dihadiri bintang tamu Komika Lokal yakni Iyai Arbie.

Acara yang mengemas pesan antinarkoba dalam bahasa dan guyonan khas Stand Up Comedy yang digemari anak muda saat ini, begitu antusias dan menghibur pengunjung.

Baca JugaImigrasi Kotamobagu Tingkatkan Pelayanan Masyarakat dengan Layanan Eazy Passport

Terlebih pantauan bolmong.news, saat para Komika mulai joke, langsung memicu gelak tawa pengunjung. Tak terkeculai Dewan Juri Nayodo Koerniawan.

Nayodo Koernawan yang menjabat Wakil Wali Kota Kotamobagu saat ini pun, ikut dibuat terpingkal-pingkal oleh para peserta Komika yang berasal dari berbagai daerah di BMR itu.

Tak hanya Nayodo, bahkan penyuluh BNN Bolmong yang juga salah satu juri Faradilla Schoes, dibuat tertawa geli oleh aksi para Komika Indo BMR ini.

Akrab disapa Farah ini, pun dalam komentarnya, merasa begitu puas dengan materi yang dibawakan para Komika Indo BMR. Kendati dengan beberapa catatan dirinya.

Menurutnya, peserta Stand Up Comedy Indo BMR, mampu menyisipkan materi terkait dengan pesan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

“Saya berharap, pesan yang disampaikan para Komika Stund Up Comedy Indo BMR ini, lebih mudah dan diterima oleh kaum Milenial,” ucapnya.

Baca Juga:Cegah Potensi Korupsi, KPK Kaji Dana Transfer Daerah

Sebelumnya, mewakili Kepala BNN Bolmong AKBP Yuli Setiawan Dwi Purnomo, Fardilla Schoes dalam sambutanya menyebut, data yang diperoleh di tahun 2022, ada sekitar 1,95 persen penduduk di Indonesia adalah pengguna.

Artinya, kata Farah, ada sekitar 3,6 juta penduduk Indonesia merupakan pengguna narkoba. Bahkan, dari hasil pusat penelitian BNN, dimulai dari umur 15 hingga 64 tahun mereka adalah merupakan pengguna narkoba.

“Dan itu adalah usia produktif,” sebutnya.

Fenomena ini, dikhawatirkan akan berpotensi Lost Generation atau hilangnya generasi bangsa. Atas dasar data itulah, sehingga BNN mengajak dan melawan perang pada narkoba.

“Stand Up Comedy yang digelar ini, merupakan bagian dari perang melawan narkoba,” ujarnya.

“Berbagai ajang Milenila juga sudah kami lakukan, diantaranya pentas musisi dan ajang balap,” sambung Farah lagi.

BNN Bolmong mengajak, generasi muda di BMR untuk bisa menjadi penggiat narkoba. Syaratnya yaitu perang melawan narkoba atau istilah lebih keren “War On Drugs“.

Baca Juga:Pencalonan Anggota DPD Pemilu 2024, Pengawas Pemilu Diminta Jeli Amati Calon Mantan Terpidana

“Kalau sudah ikut kegiatan BNN ini, berarti sudah menjadi bagian dari agen War On Drugs di BMR,” ucapnya.

“Saya juga berharap komunitas Komika Indo BMR ini, dapat menjadi partner dan bisa menciptakan Bolaang Mongondow Raya bersih BERSINAR dari Narkoba,” ucap Faradilla Schoes.

Sementara hadir selaku pemerintah, Nayodo Koerniawan  tegas menyampaikan, bahwa narkoba merupakan hal yang jahat.

Dirinya pun memberikan apresiasi yang tinggi kepada BNN Bolmong. Ia menilai, langkah yang dilakukan dengan menggelar kompetisi Stand Up Comedy ini begitu baik.

Selain itu, ini merupakan wadah yang tepat, apa lagi digelar di warung kopi. Seperti diketahui, ini merupakan tempat berkumpulnya para kaum Milenial.

Bahkan, ia ikut mengusul, agar BNN Bolmong tak hanya melakukan giat seperti ini. Masih banyak hal baik lain yang bisa dilakukan dan mampu menjangkau bakat anak muda di BMR.

Baca Juga:Polwan Brimob Polda Sulut dengan Segudang Prestasi Pencak Silat

Dirinya juga perihatin dengan kondisi yang dialami sebagian besar anak muda saat ini.

Ikut mengutip ungkapan seorang filusuf dunia, bahwa generasi muda itu adalah harapan bangsa. Maka ia mengajak, untuk bisa bersama menjaga generasi kita.

“Jangan sampai mereka rusak atau mengalami Lost Generation, akibat dari narkoba,” terangnya.

“Generasi muda adalah aset bangsa untuk membangun di masa yang akan datang,” sebutnya Nayodo.

Di akhir sambutannya, ia berharap berbagai wadah komunitas yang ada di BMR, diharapkan mampu menggerakan Milenial dan dapat terus berkarya, serta ikut bersama menyuarakan pesan antinarkoba.

“Seperti yang dilakukan BNN Bolmong hari ini, dengan menyiapkan wadah, maka anak muda kita bisa berekspresi dan menyalurkan minat serta bakat mereka,” tandasnya.

Penulis : Wahyudy Paputungan

Komentar