oleh

Acara Puncak HBI ke-72, Kantor Imigrasi Kotamobagu Ikuti Upacara Bersama Menkumham RI

KOTAMOBAGU – Secara virtual, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Kotamobagu beserta seluruh jajaran, mengikuti upacara puncak Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-72 yang dipusatkan di Graha Pengayoman Kemenkumham, Jakarta Selatan, Kamis, 27 Januari 2022.

Seluruh pegawai hingga Dharma Wanita Persatuan Imigrasi Kotamobagu, secara bersama juga mengikuti seluruh rangkaian pelaksanaan kegiatan, sekaligus sambutan Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (Menkumham) Republik Indonesia (RI) Yasonna Hamonangan Laoli, lewat virtual, di Kantor Imigrasi Kotamobagu, pagi tadi.

Kepala Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu Usman SE MH, saat menunjukan capaian prestasi Kantor Imigrasi Kotamobagu, sebagai predikat WBK dari Kemenpan-RB, Kamis, 27 Januari 2022.
(foto.dok Imigrasi Kotamobagu).

Menkumham RI Yasonna Laoly dalam arahannya, mengimbau seluruh insan Imigrasi Kemenkumham, untuk dapat senantiasa menjaga integritas dan kepercayaan publik dalam menjalankan fungsinya sebagai pintu gerbang negara.

“Jangan sampai ada oknum Imigrasi yang melakukan kesalahan dan lengah mengawasi keimigrasian,” ucapnya.

“Karena, tindakan seperti itu tidak dapat ditoleransi dan akan hanya menurunkan kepercayaan publik,” sambung Yasonna.

Yasonna juga mendorong para insan Imigrasi, agar menerapkan tata nilai profesional, akuntabel, sinergi, transparan dan inovatif (PASTI) dalam bekerja.

Terlebih, saat ini Imigrasi tengah berusia 72 tahun, ini tentu mencerminkan tingkat kematangan, baik dalam organisasi maupun dalam hal berkinerja.

“Dalam usia ini, kita tidak boleh lagi salah dalam mengambil kebijakan dan keputusan, agar segala pelaksanaan tugas dan fungsi keimigrasian harus benar-benar dilakukan dengan semakin PASTI, yaitu profesional, akuntabel, sinergi, transparan, dan inovatif,” ujar Yasonna lagi.

Arahan yang disampaikan Menkumham RI, tentu juga sejalan dengan apa yang menjadi komitmen Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu.

Kepala Imigrasi Usman SE MH mengatakan, dirinya sangat berkomitmen untuk lebih jaya dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Tentu ini sejalan apa yang sudah disampaikan pak Menteri tadi, yaitu pelayanan maksimal,” ucap Usman.

Usman juga berharap, Imigrasi kedepannya lebih bisa memberikan pelayanan yang baik dan maksimal kepada masyarakat,

“Apalagi hari ini Imigrasi sudah memasuki 72 tahun, tentu lebih baik lagi pelayanannya,” harap Usman.

Pada peringatan puncak HBI ke 72, Kemenkumham RI, ikut meluncurkan dua aplikasi terbaru dalam memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, termaksut pengurusan paspor.

Dua aplikasi yang berbasis online ini, sejalan dengan langkah pemerintah yang gencar mengakselerasi transformasi digital di berbagai bidang.

Aplikasi ini yakni Mobile Paspor (M-Paspor) yang resmi menggantikan Aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online (APAPO) dan Aplikasi Cegah dan Tangkal (Cekal) online berbasis web.

“Melalui M-Paspor, pemohon dapat mengajukan permohonan paspor dengan mengunggah hasil pindai berkas persyaratan ke aplikasi tersebut,” jelas Usman.

Sedangkan aplikasi Cekal online, berperan dalam mengawasi dan menegakan hukum Keimigrasian.

“Jadi aplikasi ini, akan terintegritas dengan platform layanan Keimigrasian dalam memudahkan identifikasi subjek yang dikenakan pencegahan atau penangkalan,” terang Usman.

Di hari Imigrasi ke 72 tahun, Imigrasi Kotamobagu terus berupaya membantu meningkatkan perekonomian dan mendorong kemudahan izin berusaha.

“Pada prinsipnya, revitalisasi penegakan hukum dan keamanan, dilakukan demi menjaga stabilitas nasional serta mewujudkan keadilan yang merata,” tandas Usman.

Sekedar informasi, Imigrasi Kotamobagu telah membuktikan kualitas pelayanan bagi seluruh masyarakat secara prima dan transparan.

Hal ini dibuktikan dengan raihan perdikat Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dari Kementrian Pedayagunaan Aparatur Sipil Negara, Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Kantor Imigrasi Kotamobagu sendiri, dianggap mampu melaksanakan reformasi dengan baik, terstruktur dan transparan.

Disamping itu, dapat memenuhi indikator bebas dari korupsi, pelayanan publik yang prima, dan berkinerja tinggi.

Penyerahan penghargaan ini, dalam Acara Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas, Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh KemenPAN-RB, pada Senin, 20 Desember 2021.

Plt Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Jonny Pesta Simamora pun ikut memberikan apresiasi terhadap Kantor Imigrasi Kelas II Kotamobagu atas capaian tersebut.

 

(Yudi Paputungan)

Komentar