Tingkatkan Pendapatan Desa, Pemdes Atoga Kembangkan Potensi Wisata

BNews, BOLTIM – Potensi desa merupakan segala sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang terdapat di desa.

Di mana semua sumber daya tersebut dapat dimanfaatkan bagi keberlangsungan dan perkembangan serta peningkatan ekonomi di desa itu sendiri.

Hal ini yang tengah dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Atoga Kecamatan Motongkad Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Sangadi (Kepala Desa) Atoga, Alfian Makalalag, mengungkapkan untuk mendorong peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes), pihaknya berencana mengembangkan beberapa potensi alam untuk dijadikan sebagai objek wisata.

Seperti wisata alam Air Terjun Ondogan, Batu Purba serta wisata air panas.

“Kami akan memaksimalkan wisata yang ada di desa kami demi meningkatkan pendapatan desa,” ungkapnya, Minggu (16/4/2023).

Alfian mengatakan, untuk mewujudkan rencananya itu, pihaknya kini mulai melakukan penataan jalan menuju wisata tersebut.

“Setelah itu kami juga akan menata struktur lokasi wisata untuk menarik pengunjung,” ujarnya.

Lanjutnya menjelaskan, pengembangan tempat wisata ini akan bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Atoga itu sendiri.

“Untuk lokasinya sudah ada tim dari Dinas Pariwisata Boltim yang turun untuk mengecek lokasi wisatanya,” jelasnya.

Salah satu Perangkat Desa Atoga, Gun Mamonto, mengatakan, kegiatan pengembangan wisata alam tersebut juga sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Boltim.

“Boltim ini dikenal dengan keindahan wisatanya mulai dari wisata alam pegunungan maupun hingga keindagan bawa lautnya. Termasuk di Desa Atoga ini memiliki keindahan alam yang sangat baik, untuk dijadikan sebagai tempat wisata,” katanya.

“Untuk apa kita berjalan jauh – jauh untuk menikmati wisata di daerah lain, sedangkan di wilayah kami wsatanya tidak kalah menarik,” tandasnya.

Reporter: Gazali Potabuga

Komentar