oleh

Tahun ini, Pemkab Boltim Terima Bantuan Rehabilitasi Tanaman Pala dari Kementan RI

BOLTIM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), terus memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Tak terkecuali terkait dengan kebutuhan masyarakat petani yang ada diwilayahnya.

Hal ini terbukti dengan adanya bantuan Kementrian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia dan Ditjen Perkebunan, tahun ini kepada Pemkab Boltim, untuk rehabilitasi tanaman pala seluas 200 hektar.

Bantuan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) tersebut disalurkan melalui Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Utara.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Boltim, Jaka Manangin, rehabilitasi tanaman pala tersebut akan disalurkan di sejumlah kecamatan di Boltim.

“Dari 200 Hektar yang tersebar di Tiga Kecamatan yaitu, Kotabunan, Tutuyan dan Motongkad dengan sebanyak 20 kelompok tani penerima,” kata Jaka saat dikonfirmasi awak media Bolmong.News, pada Rabu, 08 Juni 2022.

Namun, Jaka menjelaskan, untuk penyaluran tanaman pala tersebut, masih menunggu informasi dari Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Utara.

“Kami masih menunggu info dari pihak provinsi untuk penyaluran tanaman pala,” kata Jaka.

Jaka mengatakan, untuk sekarang ini pihaknya dalam proses penyaluran pupuk organik.

“Semoga dengan adanya bantuan ini bisa membantu kesejahteraan para petani di Kabupaten Boltim,” katanya.

Di sisi lain, Jaka mengimbau kepada kelompok Tani agar dapat memanfaatkan bantuan tanaman pala ini sebaik mungkin, jika nanti sudah disalurkan.

“Bagi kelompok tani yang menyalahgunakan bantuan ini akan mendapatkan sanksi, kelompoknya akan di blacklist dan tidak akan diperhatikan lagi,” katanya.

Reporter: Gazali Potabuga
Editor: Erwin Makalunsenge

 

Komentar