Puluhan Rumah Warga Desa Molobog Timur Terendam Banjir

BNews, BOLTIM  – Hujan yang mengguyur Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sabtu (6/1/2024) sore hingga malam ini, mengakibatkan banjir di beberapa tempat.  Salah satunya di Desa Molobog Timur, Kecamatan Motongkad.

Pantauan awak media, puluhan rumah warga terendam banjir.

Camat Motongkad, Iskandar Daeng Mangawi,  langsung bergerak cepat ke lokasi banjir untuk memantau kondisi warga.

“Ketika mendapatkan kabar, saya selaku pemerintah kecamatan langsung turun memantau kondisi banjir dan membantu proses evakuasi bagi masyarakat yang tempat tinggalnya terkena banjir yang parah,” kata Iskandar.

Iskandar mengatakan, solusi mengatasi banjir di Desa molobog Timur hingga sekarang ini masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah kecamatan maupun daerah.

“Kami dari pemerintah terus berupaya mencari solusi agar masalah banjir di Desa Molobog Timur dapat teratasi, rencananya dalam waktu dekat kami juga akan melakukan kunjungan ke Balai Sungai Provinsi untuk melakukan koordinasi terkait masalah penanganan banjir di sini,” katanya.

Dewi Syarif Tololiu, salah satu warga setempat mengatakan, banjir sering terjadi di desanya setiap musim penghujan.

“Desa kami sudah menjadi langganan banjir, tiap kali turun hujan,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, penanganan banjir ini sudah dilakukan oleh Pemerintah desa hingga pemerintah daerah. Namun, saat musim hujan tiba, banjir masih terus terjadi.

“Dari pemerintah kecamatan maupun daerah sudah berupaya untuk menangani masalah banjir di sini, mulai dari pengerukan sungai hingga pembuatan bronjong di beberapa titik yang menjadi jalan masuk air ke pemukiman warga,” ujarnya.

Meski demikian, dia meyakini banjir yang rutin terjadi di desanya ini akan mendapatkan solusi.

“Semoga pemerintah segera mendapatkan jalan keluar untuk penanganan banjir yang sering terjadi di desa kami ini,” pungkasnya.

Reporter: Rizaldi Modeong

Komentar