Pemkab Boltim Gelar Bimtek Untuk RT/RW

BNews, BOLTIM — Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas kepada Kepala Rukun Tetangga (RT)/ Rukun Warga (RW) se Kabupaten Boltim.

Bimtek yang di buka langsung oleh Asisten II Boltim, MR. Alung ini dilaksanakan di Swiss-Belhotel, Manado, pada Jumat (27/10/2023).

Dalam sambutannya Asisten II, MR. Alung, yang mewakili Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto menyampaikan, bahwa Bimtek tersebut merupakan komitmen bupati dalam meningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Boltim.

“Peningkatan SDM menjadi komitmen bapak bupati sejak awal menjabat sebagai Bupati Bolaang Mongondow Timur, bahkan sudah di tuangkan dalam misi program prioritas yang wajib hukumnya untuk ditunaikan,” kata Alung.

Dia mengungkapkan, program Bimtek seperti ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 18 Tahun 2018 tentang lembaga kemasyarakatan desa dan lembaga adat desa.

“Sebagaimana penegasan dari bapak bupati bahwa bapak dan ibu selaku RT di desa masing masing harus memahami Tugas dan Fungsi yang harus di laksanakan, seperti membantu Kepala Desa dalam bidang pelayanan kepada masyarakat, menyediakan data kependudukan dan perizinan serta melaksanakan tugas lain yang di berikan oleh Kepala Desa. Terkait tugas pokok ini supaya menjadi pegangan dan pedoman seluruh RT,” ujarnya.

Alung juga berpesan kepada seluruh RT agar tetap semangat dan kompak dalam menjalankan tugas di desa, sehingga tercipta suasana kerja yang harmonis.

“Bapak bupati yakin dan percaya ilmu dari Bimtek ini akan lebih meningkatkan kekompakan dan semangat gotong royong bersama Pemerintah Desa dan terutama para Sangadi lebih berperan aktif pada setiap kegiatan maupun pelaksanaan program di desa,” pungkasnya.

Turut hadir dalam Bimtek tersebut, Asisten III Bidang Administrasi Umum, Rusmin Mokoagow dan Kepala Dinas PMD, Rahman Hulalata.

Reporter: Gazali Potabuga

Komentar