Pemerintah Desa Diminta Berdayakan BUMDes untuk Kebutuhan Wisatawan

BOLTIM – Untuk menyambut kedatangan wisatawan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), meminta Pemerintah Desa (Pemdes) harus proaktif.

Kepala DPMD Boltim, Hendra Tangel mengatakan, Pemdes harus memberdayakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk menjual bahan kebutuhan wisatawan.

Hal ini menurut Hendra guna memudahkan wisatawan mendapatkan kebutuhan yang dibutuhkan selama berwisata.

“Seluruh Desa di tempat wisata yang ada di Boltim wajib menata, juga melengkapi fasilitas untuk kebutuhan para pengunjung. Seperti penyediaan kamar mandi, toilet, tempat makan. Jika perlu buat BUMDes untuk menjual kebutuhan para wisatawan di tempat wisata,” jelas Hendra saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu.

Hendra menambahkan, bahwa tidak lain untuk membuat wisatawan yang berkunjung di Boltim menjadi betah dan nyaman.

“Jika ditunjang dengan fasilitas itu, maka setiap wisatawan atau pengunjung akan betah, juga merasa nyaman berlama-lama di Boltim. Itu juga bisa menambah pendapatan masyarakat setempat,” lanjutnya.

Sementara itu, salah satu pengelolah wisata Pantai Chimoki, mengatakan, pihaknya tengah menyediakan semua fasilitas dan kebutuhan para wisatawan.

“Saya selalu update perkembangan wisata, makanya untuk Chimoki sendiri, kami telah menyediakan fasilitas tempat nginap, wahana bermain, makanan dan minuman, juga fasilitas penunjang lainnya, terutama keamanan dan kenyamanan pengunjung kami utamakan,” ucapnya. (Gazali Potabuga)

Komentar