Lampaui Target KPK, Pemkab Boltim Raih Nilai MCP 84,10

BNews, BOLTIM — Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur berhasil meraih nilai Monitoring Center for Prevention (MCP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas penilaian tahun 2023, dengan nilai 84,10.

Inspektur Daerah Boltim, Ade Herli Mokoginta, menuturkan, nilai MCP KPK yang diperoleh Pemkab Boltim di Tahun 2023 melampaui target yang ditetapkan oleh KPK.

“Ahamdulillah dengan kerja yang baik dari seluruh stakeholder dan arahan serta petunjuk pak Bupati Dr (c) Sam Sachrul Mamonto, S.Sos M.Si, Sekretaris Daerah dan para Asiten Setda akhirnya nilai MCP KPK bisa merah nilai 84,10, naik dari tahun sebelumnya yaitu 69,71 dan melampaui target yg ditetapkan tahun ini, yaitu 80,” tutur Mokoginta, Senin (15/1/2023).

Lanjutnya, perolehan nilai tersebut merupakan bentuk komitmen Pemda Boltim dalam melakukan pencegahan korupsi dan meningkatkan tata Kelola pemerintahan, sesuai dengan Visi Misi Bupati Boltim.

“Nilai tersebut menandakan bahwa Kabupaten Bolaang Mongondow Timur berkomitmen melakukan pencegahan korupsi dan meningkatkan tata kelola pemerintahan yg baik sesuai dgn visi misi Pak Bupati, serta masuk dalam zona hijau dalam upaya pencegahan korupsi. Insyaa Allah Tahun depan dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan lagi,” pungkasnya.

Adapun yang menjadi penilaian KPK:

1) Perencanaan dan Penganggaran

2) Pengawasan APIP

3) Perijinan

4) Pengadaan Barang dan Jasa

5) Pengelolaan Barang Milik Daerah

6) Optimalisasi Pajak Daerah

7) Manajemen ASN

8) Tata Kelola Desa

Reporter: Rizaldi Modeong

Komentar