oleh

Hadiri Sosialisasi IVA TES, Ini Harapan Ketua TP-PKK Boltim

BolmongNews.com, BoltimDinas Kesehatan (Dinkes) Boltim bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menggelar sosialisasi dan pemeriksaan atau Tes Inspeksi Visual Astetat ( IVA), Kamis (21/2/2019).

Acara yang dilaksanakan di Puskesmas Kecamatan Modayag Induk tersebut, untuk mendeteksi kanker serviks sejak dini secara manual, cepat, praktis dan akurat tanpa biaya untuk 400 perempuan.

Ketua TP-PKK Boltim, Nursiwin Landjar Dunggio SAP, yang turut hadir pada acara tersebut berharap setiap peserta kegiatan itu membawa pengetahuan tentang IVA TES.

“Tes ini merupakan cara untuk mendeteksi Kanker Serviks sedini mungkin. Harapan saya semua yang sudah hadir bisa memahami dan menambah pengetahuan terkait IVA TES,” harapnya.

Ia menjelaskan, IVA  TES merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker serviks dibanding Papanikolaou test atau PAP Smear.  Dimana PAP Smear adalah sebuah uji medis yang dapat memeriksa kondisi sel-sel pada serviks (leher rahim) dan vagina.

“Melalui pemeriksaan rutin, perubahan sel-sel yang mungkin bisa berkembang menjadi kanker atau sudah menjadi kanker, bisa terdeteksi. Yang terpenting adalah kesehatan. Dan masyarakat Modayag adalah yang paling banyak memeriksakan diri. Itu artinya masyarakat Modayag sudah mau sehat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Eko Marsidi mengatakan,  potensi yang bisa menyebabkan perempuan bisa mengalami kanker rahim, diantaranya karena perokok dan gonta ganti pasangan dalam berhubungan

“Langkah pencegahan dini sudah pasti bagi perempuan, jangan merokok dan setia pada pasangan. Makan buah buahan dan sayuran anti oksidan, terutama buah manggis yang memiliki anti oksidan tinggi. Selain itu, cegah dengan vaksinasi,” katanya.

Lanjutnya, kegiatan tersebut sudah menjadi agenda rutin Dinkes Boltim. Namun, berbeda pada tahun lalu, untuk tahun 2019 pesertanya melebih dari tahun-tahun sebelumnya.

“Ini menandakan masyarakat Kecamatan Modayag ingin hidup sehat,” ujarnya.(Mg-01/ewin)

Komentar