Desa Tomsel Bakal Menjadi Penghasil Daging Sapi

BOLTIM—Desa Tombolikat Selatan (Tomsel) Kecamatan Tutuyan bakal menjadi penghasil daging Sapi di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Program tersebut akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa (Sangadi) Tomsel Zulkifli Mokodompit, Kamis (1/4/2021).

Ia menuturkan tahun 2021 ini, pemerintah desa Tomsel akan mengucurkan anggaran untuk pembuatan peternakan Sapi.

“Desa ini sangat cocok untuk peternakan sapi, dana yang kami alokasikan untuk program ini melalui Bumdes sebesar 155 juta rupiah,” katanya.

Ia mengatakan, peternakan Sapi ini diharapkan mampu penopang perekonomian masyarakat di desa Tomsel. Selain itu juga dapat menjadi lapangan kerja untuk warga setempat, dengan sistem pengolahan yang baik.

“Tujuanya, pertama dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat, dan juga disisi lain Bumdes mendapatkan keuntungan. Jadi dengan sistem bagi hasil, diharapkan kita menciptakan lapangan kerja bagi  masyarakat disituasi pandemi saat ini. Yang kedua, pergerakan ekonomi masyarakat secara otomatis mulai bergairah,” ujarnya.

Jenis usaha tersebut terang Zulkifli, juga untuk membentuk Icon Desa. Dimana tujuannya, desa yang kini dipimpinnya itu dikenal sebagai desa penghasil daging Sapi di Kabupaten Boltim.

“Kami harapkan dari output untuk jenis usaha Bumdes ini, kedepannya Tombolikat Selatan sudah memiliki Icon menjadi produsen daging Sapi. Meski hanya berskala Lokal atau se kabupaten saja,” harapnya.

Selain itu, dia  menjelaskan, objek wisata juga menjadi prioritas untuk dikembangkan.

“Dan kemudian ada unit usaha lain, dibidang pariwisata di Pantai Cinta Tombolikat Selatan. Kami juga akan tata secara perlahan untuk menjadi detinasi wisata yang baru. Disamping itu, dengan adanya tempat wisata akan membuka juga peluang bagi masyarakat untuk berinvestasi. Misalnya dalam bentuk jualan warung-warung, dengan syarat kita jaga keamanannya bersama-sama,” pungkasnya.

(Fichi)

Komentar