Capai MCP dan Survei Penilaian Integritas, KPK RI Apresiasi Pemkab Boltim

BNews, BOLTIM – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Nawawi Pomolango, memberikan apresiasi kepada sejumlah daerah di Sulawesi Utara (Sulut), salah satunya Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) atas target yang dicapai dalam Monitoring Center For Prevention (MCP) KPK dan Survei Penilaian Integritas (SPI).

Hal ini disampaikan Nawawi dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Kepala Daerah se-Sulut, yang dilaksanakan di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, pada Rabu (6/3/2024), beberapa waktu lalu.

Tampak Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto sedang berbicara dengan Ketua KPK RI Nawawi Pomolango dalam kegiatan RDP ) Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Kepala Daerah se-Sulut, yang dilaksanakan di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Rabu (6/3/2024). Foto: Dok/ Diskominfo Boltim.
Tampak Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto sedang menyapa Ketua KPK RI Nawawi Pomolango dalam kegiatan RDP ) Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Kepala Daerah se-Sulut, yang dilaksanakan di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Rabu (6/3/2024). Foto: Dok/ Diskominfo Boltim.

Pada MCP KPK, Kabupaten Boltim berhasil melampaui target KPK di angka 84,10 sedangkan untuk SPI di angka 76,01 melampaui rata-rata nilai indeks  integritas Nasional.

“Hasil survei integritas oleh Komisi  Pemberantasan Korupsi di Sulawesi Utara yang terbaik adalah Minahasa Tenggara kemudian yang terbaik berikutnya adalah Minahasa Selatan, Kota Tomohon, Bolaang Mongondow Timur dan Kota Kotamobagu,” kata Nawawi.

Sementara itu, Inspektur Daerah Boltim, Ade Herly Mokoginta, mengatakan naiknya serta dilampauinya target nilai MCP KPK Tahun 2023 merupakan salah satu upaya Pemkab Boltim dalam melakukan upaya pencegahan korupsi.

“Ini menandakan bahwa Pemkab Boltim serius melakukan pencegahan korupsi disetiap tatanan pemerintahan,” ujar Mokoginta.

Tampak Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto bersama sejumlah kepada daerah lainnya saat menghadiri kegiatan RDP Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Kepala Daerah se-Sulut, yang dilaksanakan di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Rabu (6/3/2024). Foto: Dok/ Diskominfo Boltim.
Tampak Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto bersama sejumlah kepada daerah lainnya saat menghadiri kegiatan RDP Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Kepala Daerah se-Sulut, yang dilaksanakan di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Rabu (6/3/2024). Foto: Dok/ Diskominfo Boltim.

Untuk SPI yang dilaksanakan oleh KPK, Mokoginta mengatakan, nilai SPI merupakan bukti bahwa tata kelola pemerintahan mengalami peningkatan.

“Dengan naiknya indeks SPI menandakan tata kelola pemerintahan yang baik di Bolaang Mongondow Timur mengalami peningkatan, survey penilaian SPI KPK merupakan bentuk partisipasi masyarakat dalam melakukan penilaian terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Boltim,” kata Mokoginta.

Lanjutnya, semua hasil capaian dalam MCP KPK dan SPI merupakan bukti kepiawaian Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto, dalam menggerakkan roda pemerintahan di Kabupaten Boltim.

“Capaian tersebut tidak luput dari Komitmen Bupati SSM dalam meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat Boltim, ini tak lepas dari arahan, petunjuk dan dorongan Pak Bupati SSM,” pungkasnya.

(Advertorial)

Komentar