Bupati Sachrul Presentasekan Usulan Pembuatan dan Perbaikan Tanggul Sungai di Balai Wilayah Sungai

BOLTIM — Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto, mempresentasikan usulan pembuatan dan perbaikan tanggul sungai yang ada di Kabupaten Boltim.

Usulan pembuatan dan perbaikan tanggul sungai itu antara lain untuk sungai Molobog, sungai Motongkad, sungai Kotabunan-Bulawan dan sungai Buyat.

Presentese tersebut dilakukan langsung Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto di Kantor Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi I, Kementrian PUPR di Manado, Senin, 6 Juni 2022.

Dalam prensentasenya, Bupati mengharapkan adanya perhatian dari Balai Sungai, karena dampak banjir dari sungai yang ada, sudah mengancam masyarakat.

“Kami mengharapkan kiranya ada langka dan upaya dari pihak Balai dan Kementerian untuk menangani hal ini, dan usulan yang disampaikan bisa direalisasikan,” kata Sachrul.

Kepala Balai Wilayah Sungai, I Komang Sudana, mengatakan terkait usulan-usulan yang disampaikan, untuk Sungai Motongkad sudah dalam proses perbaikan dan untuk sungai yang lain akan ditindak lanjuti dengan pengecekan langsung ke lapangan.

“Di Balai ada anggaran pemeliharaan, akan tapi juga bisa lewat dana bencana. Nanti setelah pengecekan akan melaporkan langsung ke Direktur, usulan yang masuk dari Boltim beberapa waktu lalu juga, oleh pihak Balai Sungai sudah menyiapkan dan akan memberi bantuan kawat bronjong untuk perbaikan,” ungkap Komang.

Hadir dalam pertemuan tersebut antara lain, Wakil Ketua DPRD, Muhammad Jabir, Kadis PUPR, Haris Sumantha, Kabag Umum Abdal Mamonto dan jajaran terkait.

Diketahui, usulan pembuatan dan perbaikan tanggul sungai yang disampaikan Pemkab Boltim merupakan kewenangan dari BWS Sulawesi 1, Dirjen SDA, Kemneterian PUPR, RI.

Reporter: Gazali Potabuga
Editor: Erwin Makalunsenge

Komentar