Wakili Bupati, Asisten I Pemkab Bolsel Hadiri Kegiatan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Idul Fitri Tahun 2021

BOLSEL–Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru SPt yang diwakili Asisten I Ramli Abdul Madjid hadir dalam Apel Gelar Pasukan dalam rangka pengamanan Idul Fitri tahun 2021 dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Kabuoaten Bolsel yang dilaksanakan di Lapangan Futsal Alun-alun Molibagu, Rabu, (05/05/2021).

Apel dimulai dengan penyematan pita tanda operasi kepada perwakilan personil pengamanan.

Kapolres Bolsel AKBP Yuli Kurnianto sebagai pembina apel menyampaikan bahwa ini kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun.

“Jadi kegiatannya masih sama, kecuali di tahun ini dan tahun lalu karena pandemi Covid-19 maka ditambahkan dengan penegakan protokol kesehatan Covid-19 dan pembatasan mudik keluar daerah,” katanya.

Pada tahun ini juga dilakukan pembatasan mudik keluar masuk Provinsi Sulut.

“Bolsel yang berbatasan dengan Provinsi Gorontalo akan ditutup total kecuali untuk aktifitas ekonomi dan kesehatan. Pos polisi untuk perbatasan ada di Desa Molosipat Kecamatan Posigadan,” ujarnya.

Lanjutnya, kegiatan apel untuk pengamanan arus mudik diwilayah yang berbatasan langsung dengan kabupaten Bolsel.

“Operasi ini untuk mencegah para pemudik untuk pulang kampung halaman. Karena mengingat pendemic covid-19 belum berakhir juga akan mengantisipasi penyebaran covid-19 yang akan masuk ke bolsel paska idul fitri,” kata Yuli.

Lanjut, kendaraan yang bisa melewati perbatasan antar Propinsi itu hanya kendaraan yang memuat kebutuhan Pokok yakni sembilan bahan pokok (Sembako).

“Selain itu tidak bisa masuk dan akan di arahkan putar balik ke daerah asalnya. Hal itu tidak berlaku bagi warga yang dikecualikan dari larangan mudik seperti warga yang sakit dan butuh pelayanan medis, serta warga yang melakukan tugas dinas,” jelasnya.

“Dan untuk antar kabupaten dan kota untuk propinsi Sulut bisa mudik. Penutupan ini di mulai besok hari kamis tanggal 6 sampai dengan Senin 17 Mei mendatang. dan titik lokasi penjagaan pengamanan ini di bagi menjadi tiga. Perbatasan Gorontalo dan Bolsel tepatnya desa molosipat, perbatasan Bolmong dengan Bolsel, depan RSUD Bolaang uki. Juga berada di Pinolosian tengah” tambahnya.

Untuk pengamanan Polres Bolsel menyiapkan 40 personel dibantu TNI, dikerahkan untuk melakukan pengawasan selama 24 jam di pos penyekatan di Desa Molosipat hingga 17 Mei 2021.

“Pemberlakukan kebijakan tersebut selaras dengan kebijakan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat untuk menekan risiko penularan Covid-19 pada masa mudik lebaran, ” tandasnya.

(Wawan Dentaw)

Komentar