Diskusi Budaya, Selain Bangun Mahligai Kerajaan, Bupati Bolsel Sarankan Bahasa Bolango Bakal Jadi Pelajaran Mulok di Sekolah

BNews, BOLSEL – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Iskandar Kamaru, tampil sebagai narasumber dalam acara dialog budaya musyawarah masyarakat Bolaang Uki.

Dialog itu bertajuk “Kapan HUT Bolaang Uki?” yang dipusatkan di lokasi Molibagu Ramadhan Fest, Alun-alun Molibagu, Kecamatan Bolaang Uki, Kamis (21/3/2024).

Bupati Bolsel Iskandar Kamaru dan Sejarawan Bolmong Raya, Murdiono Mokoginta dalam Dialog budaya bertajuk "Kapan HUT Bolaang Uki?" yang dipusatkan di lokasi Molibagu Ramadhan Fest, Alun-alun Molibagu, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kamis (21/3/2024). Foto: Wawan Dentaw/Bolmong.news.
Bupati Bolsel Iskandar Kamaru dan Sejarawan Bolmong Raya, Murdiono Mokoginta dalam Dialog budaya bertajuk “Kapan HUT Bolaang Uki?” yang dipusatkan di lokasi Molibagu Ramadhan Fest, Alun-alun Molibagu, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kamis (21/3/2024). Foto: Wawan Dentaw/Bolmong.news.

Dalam dialog tersebut, Bupati mengatakan untuk menetapkan kapan tepatnya HUT Bolaang Uki akan dibentuk sebuah tim yang beranggotakan tokoh-tokoh masyarakat setempat.

“Tentu sebaiknya penetapan kapan tepatnya HUT tersebut harus diambil berdasarkan dari peristiwa bersejarah atau peristiwa heroik masa lalu yang punya nilai kuat dalam masyarakat,” ujarnya.

Peserta dialog budaya bertajuk "Kapan HUT Bolaang Uki?" yang dipusatkan di lokasi Molibagu Ramadhan Fest, Alun-alun Molibagu, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kamis (21/3/2024). Foto: Wawan Dentaw/Bolmong.news.
Peserta dialog budaya bertajuk “Kapan HUT Bolaang Uki?” yang dipusatkan di lokasi Molibagu Ramadhan Fest, Alun-alun Molibagu, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kamis (21/3/2024). Foto: Wawan Dentaw/Bolmong.news.

Lanjut top eksekutif ini mengusulkan, dibuat acara seminar khusus saat HUT Bolsel nanti untuk membahas sejarah suku Bolango, berdasarkan buku yang telah disusun oleh Almarhum Deddy Van Gobel.

Tak hanya itu, Bupati juga menyarankan agar dibuat sebuah Kamus bahasa Bolango yang akan digunakan dalam pelajaran mulok di sekolah.

“Pemerintah Daerah juga berencana untuk membangun replika mahligai kerajaan agar semua masyarakat Bolaang Mongondow Selatan dapat mengetahui tentang lahirnya wilayah eks swapraja Bolaang Uki,” kata bupati.

Bupati Bolsel Iskandar Kamaru bersama pimpinan OPD Pemkab Bolsel, Tokoh Masyarakat serta para pemuda dalam Dialog budaya bertajuk “Kapan HUT Bolaang Uki?” yang dipusatkan di lokasi Molibagu Ramadhan Fest, Alun-alun Molibagu, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kamis (21/3/2024). Foto: Wawan Dentaw/Bolmong.news.

Acara dialog ini berlangsung hangat dan terbuka yang dihadiri oleh tokoh masyarakat, sejarawan Bolmong Raya, Murdiono Mokoginta yang juga menjadi narasumber, tokoh pemuda, jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan ASN lingkup Pemkab Bolsel serta warga masyarakat pengunjung Molibagu Ramadhan Fest.

(Advertorial/Wawan Dentaw)

Komentar