Di Bolsel, Desa Tolotoyon Terpilih Kampung Moderasi Beragama

BNews, BOLSEL – Desa Tolotoyon Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) terpilih sebagai Kampung Moderasi Beragama (KMB).

“Tolotoyon terpilih karena desa ini salah satu desa berpenduduk terbanyak di Bolsel yaitu 1525 jiwa dengan jumlah Gereja terbanyak yaitu 2 gedung dan Masjid 1 gedung,” ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolsel, Nasir Sakamole saat melaunching rintisan KMB di Balai Desa Toltoyon, Rabu (31/5/2023).

Nasir mengatakan, moderasi beragama bukan untuk memperdebatkan persoalan kepercayaan beragama.

“Karena itu mari menghargai sikap toleransi beragama di Bolsel, karena daerah ini terdiri dari berbagai suku dan agama yang hidup rukun berdampingan dan saling menghargai,” ujarnya.

Di tempat yang sama Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Sarbin Sehe menjelaskan, bahwa nilai-nilai moderasi beragama ini sangat penting.

“Saling menghargai antar umat beragama itu keharusan dari Tuhan, jadi marilah kita tetap saling menjaga satu sama lain dalam toleransi,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Bupati Bolsel Iskandar Kamaru menegaskan, Bolsel adalah wilayah yang menjunjung tinggi toleransi. Hal ini terlihat dari beragamnya agama dan suku yang ada di Bolsel.

“Tidak ada persoalan perbedaan suku, agama, ras, budaya dan adat di Bolsel. Karena sudah menjadi tugas kita bersama untuk saling membantu satu sama lain, sesama manusia sebagai rakyat Indonesia,” kata Iskandar.

Usai launching KMB, Bupati Iskandar juga mengajak untuk selalu meningkatkan dan menjaga rasa saling menghargai satu sama lain serta terus menjaga moderasi antar umat beragama.

“Bolsel siap untuk jadi pilot moderasi beragama,” pungkasnya.

 

Reporter: Wawan Dentau.

 

Komentar