Bupati Bolsel Buka Bimtek SAKIP, SKPD Diminta Proaktif dalam Penyusunan RPJMD dan Renstra

BOLSEL–Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolsel) H. Iskandar Kamaru bersama Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid, membuka Bimbingan Tehnik (Bimtek) kegiatan Coaching Clinic Penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Senin, 21 Maret 2022.

Penguatan SAKIP tersebut untuk penguatan bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Bolsel.

Iskandar Kamaru lewat sambutannya mengingatkan walaupun nilai SAKIP Pemerintah Daerah pada tahun 2020 lalu mendapat Nilai ‘B’ atau masuk kategori baik, namun jangan cepat berpuas diri dengan hal tersebut.

“Saat ini sudah hadir Tim dari Kementerian PAN-RB untuk membagi pengetahuan terkait peningkatan SAKIP,” kata Iskandar.

Iskandar menambahkan sesuai rekomendasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Nagara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Republik Indonesia (RI), diminta untuk kembali meningkatkan aspek-aspek.

“Para Kepala SKPD tingkatkan pemahaman AKIP. Kemudian sempurnakan sasaran strategis dan indikator kinerja pada RPJMD dan Renstra. Sempurnakan cascading kinerja, Lakukan identifikasi dan pemetaan crosscuting, serta jalin koordinasi dalam mengawal program prioritas daerah, lakukan review terhadap program, dan kegiatan dan komponen anggaran dengan mengacu pada penyempurnaan sasaran strategis dan indikator kinerja,” ucap Iskandar.

Semua SKPD mengambil langkah- langkah tepat, agar yang tertuang dalam visi dan misi semua akan berjalan dengan baik.

Selain itu kepada perangkat daerah leading sector SAKIP  (Bappelitbangda, Bagian Organisasi dan Inspektorat) Iskandar meminta untuk terus mengawal dan melakukan pembinaan kepada setiap SKPD.

“Semua kepala PD saya tekankan untuk terlibat aktif dalam manajemen kinerja baik dalam menyusun dokumen perencanaan serta mengikuti dengan baik kegiatan ini,” kata Iskandar

Iskandar menekankan, bagi para peserta Bimtek ikutilah materi ini dengan penuh kesungguhan dan tanggung jawab hingga selesai dan simak dengan seksama setiap materi yang dipaparkan oleh narasumber.

Tim dari Kementerian PAN-RB sebagai Pemateri, Sekda Marzanzius A. Ohy SSTP, MAP,  para Asisten Sekda, Kepala SKPD beserta jajaran ASN serta para peserta Bimtek, bertempat di Grand Luley Resort Manado.

(Wawan Dentaw)

Komentar