Tim PKK Lolak Sabet Juara I Lomba Cipta Menu B2SA 2022

BOLMONG – Tim Penggerak PKK Kecamatan Lolak berhasil keluar sebagai juara I pada Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) yang digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang), Senin 21 Maret 2022.

Kegiatan ini bekerja sama dengan TP PKK Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) yang digelar di Ibra Cafe, Lolak.

Sebanyak lima juri mulai dari Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang, Ketua PKK kabupaten Ny Lesly Lanny Tuuk-Kaligis, Chef handal Sutan Raja Hotel, Dinas Kesehatan (Dinkes), dan dari unsur Pers, menilai PPK Kecamatan Lolak layak sebagai juara I.

Untuk penilaian sendiri, merujuk pada empat poin, mulai dari keragaman, gizi, cita rasa, dan pengaplikasian bahan berbasis lokal pada masakan.

Nantinya, TP PKK Kecamatan Lolak akan mewakili Kabupaten Bolmong mengikuti lomba yang sama di tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Selain itu, pemenang juara I juga mendapatkan tropi dan hadiah uang sebesar Rp5 juta.

Kepala Dinas Ketapang Bolmong, I Nyoman Sukra mengungkapkan, pelaksanaan lomba cipta menu ini nantinya bisa menginspirasi kelompok keluarga, mulai dari tingkat kecamatan hingga desa untuk dapat menciptakan menu masakan yang bergizi dan aman untuk dikonsumsi.

Dia pun berharap, lomba ini bisa menjadi pelopor untuk dapat mengkonsumsi pangan lokal B2SA, untuk meningkatkan imunitas tubuh untuk menangkal covid-19.

Selanjutnya, Ketua TP PKK Bolmong Ny Lesly Lanny Tuuk-Kaligis mengapresiasi para peserta yang terdiri dari pengurus TP PKK di 15 Kecamatan se Kabupaten Bolmong.

Menurutnya, ini merupakan bagian dalam menunjang kerja pemerintah dari sisi ketahanan dan kesehatan pangan.

“Saya berharap, dengan lomba cipta menu B2SA ini, kita bisa menjadi teladan bagi masyarakat untuk dapat mengkonsumsi masakan yang bergizi, seimbang dan aman,” ucapnya.

Sebelum pelaksanaan lomba cipta menu ditutup, Sekda Bolmong, Tahlis Gallang menyampaikan, bahwa dari sekian sajian yang dilombakan oleh 15 Kecamatan, memiliki cita rasa yang enak dan penyajian yang unik.

“Kalau mau dilihat, semuanya itu layak mendapatkan juara satu,” kata Tahlis.

“Meski demikian, ini merupakan perlombaan sehingga ada yang memiliki keunggulan dari sisi keragaman menu, cita rasa, dan lain-lain,” sambung Tahlis Gallang.

Diketahui, pada ajang lomba cipta menu B2SA pada posisi juara II diraih oleh TP PKK Kecamatan Poigar dan mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 3 juta serta tropi.

Selanjutny, untuk juara III diraih TP PKK Kecamatan Sang Tombolang dan meraih hadiah uang sebesar Rp 2,5 juta dan tropi.

(*)

Komentar