oleh

SKPD dan Pemdes Harus Sinergi

BOLMONGNEWS BOLMONG– Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Yarlis Hatam,  mengimbau, tiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Pemerintah Desa (Pemdes) agar tetap bersinergi.

Ia mengatakan, penerapan sistem e-planing dan e-budgeting mulai dari tingkat desa dan kecamatan, akan mempermudah pelaporan kinerja dan pengendalian proyek pembangunan, sehingga target pembangunan dapat tercapai ditingkatan desa.

“Untuk mencapai target pembangunan tersebut, harus dibarengi dengan sinergi yang baik antara proses perencanaan dan penganggaran di masing-masing desa maupun kecamatan, ” katanya.

Lanjutnya,  perencanaan dan penganggaran itu harus terintegrasi mulai dari tingkat desa sampai kecamatan.

“Pelaksanaan musrenbang sangat penting. Terutama menyamakan persepsi dan mindset program pemkab dari tingkat bawah, agar supaya dapat terintegrasi melalui program yang diterapkan,” ujarnya.

Ia menambahkan, perencanaan dan penganggaran harus terinregrasi  hingga sampai pada monitoring dan evaluasi (monev) serta pelaporan.

“Sistem ini juga sangat efektif mencegah dan menekan praktik korupsi seminimal mungkin dari tingkat bawah terutama dalam penggunaan dandes dan ADD,” tambahnya. (cl/ewin)

Komentar