Sempat Tertunda, Tahapan Pilsang Bolmong Digelar Awal Oktober 2021

BOLMONG – Sempat mengalami beberapa kali penundaan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) segera menggelar tahapan Pemilihan Sangadi (Pilsang) atau Kepala Desa serentak, pada awal Oktober 2021.

Hal ini diungkapkan Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bolmong Deysyelin Wongkar, saat di hubungi Bolmong.news.

“Insyah Allah, kalau tak ada lagi surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sehubungan dengan perpanjangan penundaan Pilsang, maka tahapan akan dimulai Oktober 2021,” ungkap Deysyelin, Senin (27/9).

“Apalagi, berakhirnya masa waktu penundaan Pilsang yakni pada tanggal 9 Oktober 2021,” sambungnya.

Menurutnya, penundaan itu menyusul setelah terbitnya surat edaran dari  Kemendagri dengan Nomor: 141/4251/SJ – tertanggal 9 Agustus 2021, perihal penundaan pelaksanaan Pilsang serentak dan penggantian antar waktu pada masa pandemi covid-19.

“Penundaan ini dikarenakan meningkatnya jumlah kasus covid-19 saat itu,” ujar Deysyelin.

Tahapan Pilsang di Bolmong mengalami beberapa kali penundaan. Namun, untuk jadwal pastinya, DPMD masih akan melihat kondisi dulu kedepannya.

Ia pun berharap, tak ada lagi surat penundaan dari Kemendagri.

“Untuk tahapan awal akan dimulai di bulan Oktober ini. mudah-mudahan tak ada halangan, dengan tak ada lagi penundaan dari Kemendagri. Pembentukan panitia pelaksanaan Pilsang akan digelar Oktober ini,” harap dia.

“Karena kalau mengacu sesuai dengan surat edaran Kemendagri tersebut, maka Oktober ini, kita sudah bisa running,” pungkasnya.

Diketahui, ada 96 Desa dari 200 Desa akan melaksanakan Pilsang serentak di Kabupaten Bolmong.

 

(Yudi Paputungan)

Komentar