Penerapan Sistem e-Budgeting Bolmong Berjalan Maksimal

BolmongNews.com, Bolmong–Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Fico Mokodompit,  mengatakan, penerapan sistem e-budgeting di Pemkab Bolaang Mongondow (Bolmong) berjalan dengan maksimal. Bahkan, pembayaran gaji para ASN di bulan Januari telah diproses melalui sistem tersebut.

“Sejauh ini tidak ada kendala yang saya lihat pada penerapan e-budgeting. Bulan ini saja, pembayaran gaji pegawai sudah terproses. Tidak ada keterlambatan,” ujarnya, Senin (28/1/2018).

Lanjutnya,  kendala yang terjadi pada sistem e-budgeting, hanya pada jaringan internet.

“Namun saya pikir itu bukan masalah serius. Hanya memang ada beberapa juga teman-teman di OPD yang membutuhkan penyesuaian untuk mengoperasikan sistem ini,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk meminimalisir terjadinya kesalahan pada pengoperasian di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pihaknya siap melakukan pendampingan.

“Misalnya terjadi human error istilahnya, itu biasakan. Tapi kita juga akan siap melakukan pendampingan dan memberikan pelatihan kepada operator di tiap OPD,” ucapnya.

Diinformasikan, sistem e- budgeting merupakan aplikasi tekhnologi informasi perangkat lunak guna mendukung siklus mulai dari perencanaan, pembuatan program, dengan kendali dan evaluasi. Pemkab Bolmong sendiri, merupakan daerah pertama yang mulai menerapkan e-budgeting di Sulawesi Utara. (tr-02/ewin)

Komentar