Pemkab Bolmong Peringati Hari Anak Nasional dan Koperasi ke-75 Tahun

BOLMONG – Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir Limi Mokodompit MM memimpin upacara peringatan Hari Anak Nasional dan Hari Koperasi ke-75 tahun.

Selain itu, upacara itu dirangkaian dengan Apel Korpri yang dilaksanakan di lapangan Kantor Bupati, Lolak, Senin 25 Juli 2022.

Turut hadir, Sekda Bolmong Tahlis Gallang, para Asisten, Kepala OPD, Forkopimda, serta seluruh ASN lingkungan Pemkab Bolmong.

Bupati Limi Mokodompit mengunkapkan, bahwa momentum hari ini, seluruh rakyat Indonesia baru saja memperingati hari anak nasional.

Tentu, momentum hari ini dimaknai sebagai bentuk kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak, agar tumbuh dan berkembang sebagai penerus generasi bangsa.

“Dan Pemerintah menjadi lembaga utama dalam memberikan perlindungan kepada anak, dengan harapan sebagai penerus yang sehat, cerdas, ceria, serta berakhlak mulia dan cinta tanah air,” ucap Limi.

Ia juga berharap, pada momentum peringatan hari anak tahun 2022 ini, jangan hanya dijadikan seremonial semata, namun harus menjadi perbaikan dan kemajuan anak di Kabupaten Bolmong.

“Terlebih lagi dalam upaya pemajuan perlindungan anak sekarang ini dihadapkan pada beberapa tantangan, misalnya literasi digital yang masih lemah, komitmen masyarakat, radikalisme dan pemimpin daerah yang responsif anak,” katanya.

“Disamping itu, tujuan peringatan ini adalah memunculkan kepedulian semua pihak, untuk mewujudkan lingkungan berkualitas bagi anak dan arti penting peningkatan kualitas anak, melalui pola pengasuhan yang berkualitas,” tuturnya.

Selain itu, kata Limi, dalam memperingati Hari Koperasi ke-75 tahun dengan mengusung tema ‘Transformasi Koperasi Untuk Ekonomi Berkelanjutan’, harus disadari benar bahwa koperasi Indonesia harus memiliki kesiapan dan bekal sumber daya yang handal.

Dan itu, harus didasari oleh tekad untuk siap berubah dalam menyikapi tantangan kekinian.

Apalagi, Limi menilai, dunia perkoperasian saat ini tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis. Namun, sekarang banyak yang memanfaatkan perkembangan teknolgi.

Mulai dari tata kelola pendataan dan sebagainya, hanya untuk memajukan dunia koperasi.

Untuk itu Bupati Limi berharap, agar gerakan koperasi di Indonesia khususnya di Kabupaten Bolmong, dapat mampu menjawab tantangan zaman dan bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya.

“Mari kita kobarkan semangat dengan menjadikan koperasi sebagai kekuatan bersama, untuk memajukan pemerataan kesejahteraan masyarakat,” ajak Limi.

Sementara itu, mengakhiri sambutan, Bupati Limi juga meminta kepada anggota korpri dapat tetap fokus melaksanakan tugas pokok dan fungsi, sebagai aparatur pemerintah yang siap melayani masyarakat.

“Saya minta tetap memperhatikan kedisiplinan ASN dengan tetap menepati jam kerja kantor. Kalaupun ada yang berhalangan masuk kantor agar diisi dengan ASN lainnya yang masuk kerja di hari tersebut, sehingga pelayanan tetap berjalan dan terlaksana dengan baik, sekaligus menghindari keluhan masyarakat,” tandas Limi.

Seluruh rangkaian kegiatan, diakhiri dengan pemberian beberapa piagam penghargaan oleh Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit.

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar