KPU Bolmong Gelar Rapat Evaluasi bersama 721 Petugas Pantarlih

BNews, BOLMONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar rapat evaluasi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Rapat evaluasi tersebut dipusatkan di Gedung Yadika Convention Hall, Selasa 23 Juli 2024, siang.

Selain itu, hadir juga anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Bolaang Mongondow.

Rapat yang digelar KPU Bolmong ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja para Petugas Pantarlih yang telah melaksanakan tugas pencoklitan dan sinkronisasi data pemilih selama hampir sebulan penuh, di 202 Desa, 15 Kecamatan, Kabupaten Bolaang Mongondow.

Komisioner KPU Bolmong Afif Zuhri pada kesempatan itu mengatakan, pelaksanaan Coklit merupakan bagian dari upaya memastikan wajib pilih (warga) mendapatkan haknya pada pemilihan nanti.

Tentu pekerjaan ini, kata Afif, harus kita pastikan sukses agar warga dapat terakomodir dan memberikan hak pilihnya pada Pilkada nanti.

Namun, Ketua KPU Bolmong ini memuji hasil yang dicapai 721 Petugas Pantarlih selama melakukan Coklit.

“Alhamdulillah, saya memberikan apresiasi setinggi – tingginya kepada seluruh Petugas Pantarlih yang telah menyelesaikan tugasnya dengan baik,” puji Afif.

Kendati Coklit secara resmi berakhir dan masa tugas Pantarlih berakhir secara administrasi, baik e-Coklit dan manual telah selesai 100 persen.

“Lagi saya ucapkan terimakasih kembali kepada teman-teman Pantarlih, terlebih sesuai harapan 100 persen Pantarlih Bolmong menggunakan aplikasi e-Coklit dalam pendataan pemilih,” ungkapnya.

Demikian ditambahkan Komisioner KPU Bolmong Sandi Satria Dama, jika suksesnya suatu tahapan adalah suksesnya atau selesainya Pencoklitan.

“Tentu apa yang dikerjakan teman-teman Pantarlih saya menyampaikan ucapan terima kasih,” imbuh Sandi Satria Dama.

Demikian, Komisioner KPU Bolmong Jalaluddin Koesasi mengatakan, jika pun ada temuan di lapangan saat Pencoklitan itu hanya kecil. Dan itu sudah di tindak lanjuti oleh teman-teman Pantarlih dilapangan.

Menurutnya, teman-teman Pantarlih telah membuktikan sebagai ujung tombak KPU dalam pendataan pemilih, datang dari rumah ke rumah untuk mendapatkan daftar pemilih yang akurat, mutakhir dan valid.

“Pada pokoknya, kami selaku anggota KPU Bolmong menyampaikan ucapan terimakasih kepada teman-teman Pantarlih,” tuturnya.

Urutan lima untuk se Sulut, karena kerja kerja Pantarlih bekerja maksimal di lapangan. Dan Sulut ada di urutan ke dua tingkat nasional. Yang mampu menyelesaikan Coklit dilapangan.

Ucapan yang sama juga ikut disampaikan tiga anggota Komisioner KPU Bolmong lainnya, Alfian B Pobela dan Yohanes D Tumengkol.

Diketahui, Ketua KPU Bolmong Afif Zuhri secara resmi membuka Rapat Evaluasi Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow 2024, yang dihadiri 721 Petugas Pantarlih dan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) se Kabupaten Bolaang Mongondow.

Adapun anggota Komisioner KPU Bolmong yang hadir pada rapat evaluasi tersebut, yakni Afif Zuhri, Alfian B Pobela, Jalaludin Koesasi, Sandi Satria Dama dan Yohanes D Tumengkol,  Sekretaris KPU Bolmong dan seluruh jajaran.

Komentar