KPU Bolmong Edukasi Pemilih Pemula dan Muda di Kecamatan Dumoga Tengah

BNews, BOLMONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), menggelar kegiatan Sosialisasi Pendidikan Pemilih untuk segmen Pemilih Pemula tingkat kecamatan, dalam rangka pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) 27 November 2024 mendatang.

Kegiatan sosialisasi yang dipusatkan di Desa Kosio Timur, Kecamatan Dumoga Tengah, resmi dibuka Komisioner KPU Bolmong Jalaludin Koesasi, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Wakil Divisi Teknis Penyelenggaraan, Sabtu 13 Juli 2024.

Selain itu, kegiatan tersebut antusias diikuti oleh para anak-anak muda (pemilih pemula) yang akan menjadi bagian dalam mensukseskan Pilkada 2024 nanti.

Dikatakan, jika kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan edukasi bagi pemilih pemula dan pemilih muda dengan harapan dapat meningkatkan partisipatif pemilih pada Pilkada serentak 2024 mendatang.

Tampak para Pemilih Pemula dan Muda, saat menghadiri Sosialisasi, di Balai Desa Kosio, Kecamatan Dumoga Tengah, Kabupaten Bolmong, Sabtu 13 Juli 2024. (Foto.Wahyudy Paputungan/bolmong.news)
Tampak para Pemilih Pemula dan Muda, saat menghadiri Sosialisasi, di Balai Desa Kosio, Kecamatan Dumoga Tengah, Kabupaten Bolmong, Sabtu 13 Juli 2024. (Foto.Wahyudy Paputungan/bolmong.news)

“Pemilih pemula memiliki peran krusial dalam proses demokrasi dan mereka perlu memahami betul tentang pentingnya Pilkada ke depan,” kata Jalaludin Koesasi.

Ia juga mengingatkan, pentingnya para peserta dapat mengecek namanya apakah sudah terdaftar sebagai pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolmong tahun ini.

Terakhir, Jalaludin menekankan hak demokratis bagi pemilih pemula untuk ikut serta dalam menentukan masa depan daerah, khususnya di Kabupaten Bolaang Mongondow.

“Kami berharap sosialisasi ini dapat meningkatkan partisipasi pemilih, tidak hanya dalam Pilkada mendatang, tetapi juga untuk masa depan bangsa,” imbuhnya.

Sementara itu, Gusman Laheta selaku pemateri, memberi edukasi tentang bahaya dan dampak berita hoax dan politik uang dalam pemilihan tahun 2024.

Menurutnya, Hoax adalah berita kebohongan yang dibuat dengan tujuan jahat serta menghindari dari Politik uang.

Gusman pun mengajak seluruh pemilih pemula untuk memerangi berita Hoax pada Pilkada 2024 ini.

“Mari kita sama-sama kampanyekan di media-media sosial untuk tolak Hoax untuk suksesnya Pilkada damai dan aman,” ucapnya.

Terinformasi, KPU Bolmong berencana untuk melanjutkan kegiatan serupa di wilayah-wilayah lain sebagai bagian dari upaya mendekatkan pemahaman masyarakat terhadap proses demokrasi dan pentingnya peran setiap pemilih dalam menentukan arah pemerintahan daerah.

Komentar