oleh

Jelang HUT Kemerdekaan RI, Pemkab Bolmong Canangkan 10 Juta Bendera Merah Putih

BOLMONG – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar pencanangan 10 Juta bendera Merah Putih.

Mewakili Penjabat (Pj) Bupati Bolmong Limi Mokodompit, kegiatan pencanagan dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang yang berlagsung di halaman Kantor Bupati Bolmong, Lolak, Jumat 5 Agustus 2022.

“Pencanangan ini, kita awali dengan pembagian bendera ke para Camat, kemudian nantinya akan dibagikan ke seluruh desa-desa di wilayah Kabupaten Bolmong” sebut Sekda Tahlis Gallang.

Tahlis Gallang menjelaskan, bahwa gerakan pembagian 10 Juta bendera Merah Putih kepada seluruh masyarakat, merupakan petunjuk dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan kemudian diintruksikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan diteruskan ke seluruh pemerintah Kabupaten/Kota.

Selain itu, ini juga sebagai bentuk menyambut dan menyemarakkan HUT Ke-77 tahun Kemerdekaan RI yang akan diperingati pada 17 Agustus mendatang.

Bahkan Tahlis Gallang menilai, bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan pemikiran bahwa bendera Merah Putih merupakan identitas, simbol, dan alat pemersatu bangsa.

“Saya berharap setelah pencangan ini, seluruh SKPD, pimpinan instansi vertikal, BUMN, perbankan, partai politik, organisasi masyarakat, untuk dapat ikut berpartisipasi secara swadaya dan membagikan bendera Merah Putih sampai dengan tanggal 31 Agustus 2022 atau sebulan penuh,” ujarnya.

Tahlis Gallang ikut menambahkan, selain itu, kegiatan seperti ini merupakan ajang sosialisasi kepada pelajar, mahasiswa, ormas, partai politik dan seluruh elemen masyarakat, untuk bisa menumbuhkan rasa nasionalisme, patriotisme akan cinta tanah air.

“Pada prinsipnya, mari kita selalu menjaga bangsa ini dalam keutuhaan NKRI demi Indonesia yang lebih maju,” tandas Tahlis.

Sementara itu, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bolmong Chris Kamasaan menambahkan, bahwa kegiatan ini dilandasi dengan pemikiran bahwa bendera Merah Putih merupakan identitas dan simbol bangsa dan sebagai alat pemersatu di seluruh wilayah NKRI.

“Gerakan ini dilakukan secara masif oleh seluruh komponen di masing-masing instansi ,” kata Cris.

Disamping itu, lanjutnya, gerakan pembagian 10 Juta bendera Merah Putih ini, merupakan bentuk kegiatan secara nasional dengan cara menggalang partisipasi dan swadaya pemerintah dan masyarakat.

“Baik secara pribadi maupun kelompok, bahkan unsur-unsur organisasi kemasyarakatan pun ikut serta,” pungkas Cris.

Adapun diketahui, untuk bendera Merah Putih yang terkumpul melalui swadaya, kurang lebih 600 bendera dan di bagikan ke-15 Camat dan ASN yang turut hadir pada kegiatan pencanangan tersebut.

Selain itu, Sekda Tahlis Gallang diikuti seluruh ASN lingkungan Pemkab Bolmong, melakukan jalan sehat dan senam zumba bersama.

 

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar