oleh

Ini Harapan Penjabat Bupati Bolmong Saat Ikuti Verifikasi Lapangan Hybrid KLA Tahun 2022

BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) mengikuti Verifikasi Hybrid Kabupaten Layak Anak (KLA) oleh Tim Verifikator Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenP3A) Republik Indonesia (RI).

Acara tersebut pun diikuti secara virtual di ruang rapat Bupati Bolmong, Senin 13 Juni 2022, siang tadi.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Bolmong Limi Mokodompit menyampaikan bahwa, Pemkab Bolmong berkomitmen penuh mendukung Bolmong agar menjadi Kabupaten Layak Anak atau KLA Tahun 2022.

“Tentu kegitan ini sebagai bentuk kesiapan kami walaupun dilaksanakan secara virtual, namun tidak mengurangi semangat untuk menjadikan Bolmong sebagai KLA,” ujarnya.

Apalagi kata Limi, sebagaimana amanat undang-undang nomor 23 tahun 2022 tentang perlindungan anak, bahwa wajib bagi pemerintah daerah dan harus juga didukung penuh oleh masyarakat, media massa, serta dunia usaha yang dimana sebagai empat pilar pembangunan anak.

Bahkan, untuk menjadikan Kabupaten Bolmong sebagai KLA, ada beberapa strategi yang telah dilakukan, mulai dari mengutamakan kebutuhan hak anak dengan mengintegrasikan pemunuhan hak dasar anak dalam peraturan perundang-undangan.

Tak hanya Pemkab Bolmong saja, namun DPRD Bolmong ikut mendukung penuh KLA ini.

Ia menyebutkan, DPRD Bolmong sendiri telah menyepakati dan menetapkan beberapa aturan, diantaranya Perda  Nomor 1 Tahun 2020 tentang KLA.

“Dalam perda tersebut memuat sasaran, tujuan, strategis dan rencana aksi Kabupaten Bolmong sebagai KLA tahun 2022,” sebutnya.

Selain itu, lanjut Limi, sebagai komitmen maka telah diterbitkan beberapa kebijakan selain Perda, yaitu keputusan Bupati Bolmong nomor 56 tahun 2019 tentang pembentukan gugus tugas KLA dan keputusan Bupati nomor 58 tahun 2019 tentang pembentukan forum anak daerah, serta keputusan Bupati nomor 118 tahun 2022 tentang tenaga ahli penyusunan dokumen rencana aksi daerah KLA, hingga kebijakan lainnya dalam rangka menuju KLA.

Untuk itu Bupati berharap, mealui kegiatan ini, dapat memberikan manfaat yang besar bagi Pemkab Bolmong.

“Semoga kegiatan ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk mendukung komitmen Pemkab Bolmong menuju KLA tahun 2022, dengan melalui koordinasi semua pihak dalam pemunuhan dan perlindungan hak anak yang dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

Limi juga menambahkan, tim verifikasi lapangan Hybrid KemenP3A RI dapat memberikan masukan kepada Pemkab Bolmong, untuk ditindak lanjuti sebagai bahan evaluasi.

“Semoga Kabupaten Bolmong mampu meraih predikat pratama sebagai KLA di tahun 2022 ini,” harap Limi.

Dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, acara tersebut turut dihadiri Sekda Bolmong Tahlis Gallang, unsur Forkopimda, Dinas P3A, Jurnalis Kawan Anak, pimpinan BUMD dan Ketua TP-PKK Kabupaten Bolmong Iryanti Suleha Uswanas.

 

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar