oleh

‘Igay Mononggoba’ Bupati Limi Mokodompit Panen Kentang Bersama Petani

BOLMONG – Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir Limi Mokodompit MM, bersama warga yang tergabung dalam Kelompok Tani, melakukan panen bersama di lokasi perkebunan Desa Sinsingon Induk, Kecamatan Passi Timur, Jumat 22 Juli 2022.

Panen bersama itu, Bupati ikut didampingi Staf Khusus Gubernur Sulut Firasat Mokodompit, serta diikuti sejumlah Kepala OPD lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong.

Sebagai penanda panen, selain itu turut hadir Camat Passi Barat, Passi Timur dan Bilalang, Unsur Fokopimcam serta tiga Sangadi di Kecamatan Passi bersatu.

Kegiatan yang diberi nama ‘Gerakan Igay Mononggoba’ artinya berupa kegiatan atau ajakan seseorang untuk berkebun.

Momen Penjabat Bupati Limi Mokodompit saat kenakan jaket merah dan topi tolu (kiri) ikut didampingi staff khusus Gubernur Sulut Firasat Mokodompit setelan kameja putih dan topi tolu (kanan) bersama menanam kentang di perkebunan Desa Sinsingon Induk, Kecamatan Passi Timur, Bolmog, Jumat 22 Juli 2022. (foto.yudi paputungan).

Semangat ajakan itu pun digelorakan Limi Mokodompit kepada warga setempat, saat di sela-sela kegiatan memanen kentang dan menanam.

Usai panen bersama, Bupati Limi Mokodompit dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangga dirinya dan ikut memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat di Kecamatan Passi Timur, khususnya yang ada di Desa Sinsingon bersatu yang di mana para petaninya telah berhasil menanam dimasa-masa sekarang ini yakni pandemic covid-19.

“Sehingga hasilnya dapat dipanen dengan sempurna pada kegiatan hari ini,” ungkap Limi.

Menurut Bupati, dimasa-masa pandemi yang melanda dunia ada tiga hal ekonomi yang tak mampu diguncang oleh covid-19, yaitu pertanian, perikanan dan peternakan. Bahkan saat ini sektor pertanian terus bertahan dan tak mampu diguncang oleh covid-19.

Tampak Penjabat Bupati Limi Mokodompit (kiri dalam) bersama Staf Khusus Gubernur Sulut Firasat Mokodompit (kanan dalam) usai melakukan tanam kentang bersama, di perkebunan Sinsingon Induk, Kecamatan Passi Timur, Bolmong, Jumat 22 Juli 2022. (foto.yudi paputungan).

“Buktinya saja kita masih makan hari ini. Apalagi banyak  perusahaan yang pensiun dini dan pegawainya kena PHK akibat covid-19. Hanya petani saja yang bertahan,” tutur Limi.

“Dan yang harus ditakuti dunia adalah krisis pangan,” sambung Limi.

Maka itu, dirinya pun mengajak masyarakat untuk terus bertani.

“Pesan Pak Gubernur Sulut untuk teus mengajak masyarakat ‘Mari Jo Ba Kobong’. Apalagi di Kabupaten Bolmong, kita mempunyai lahan pertanian yang cukup luas. Dan Pak Gubernur akan terus menopang dunia pertanian demi peningkatan pendapatan daerah. Jangan lupa juga untuk petani agar bisa menabung,” sebut Bupati Limi.

Disamping itu, Limi mengakui bahwa ini merupakan kunjungan perdananya di Passi Timur, terlebih lagi melakukan panen bersama dengan para petani setempat.

Penjabat Bupati Limi Mokodompit saat ikut menghadiri kegiatan Gerakan ‘Igay Mononggoba’ di Desa Sinsingon Induk, Passi Timur, Bolmong, Jumat 22 Juli 2022. (foto.yudi paputungan).

Tentu, ini juga merupakan harapan, cita-cita dan semangat baru bagi dirinya.

“Dalam kunjungan saya beberapa waktu lalu, sesuai arahan Pak Presiden melalui Gubernur, bahwa akan memproritaskan pembangunan Kabupaten Bolmong kedepannya. Seluruh lahan-lahan yang kosong untuk dapat dipenuhi,” kata Limi, sembari menambahkan.

“Untuk menyambung apa amanat dari Presiden melalui Gubernur, bagaimana pertanian bisa memberikan manfaat dari sisi produksi terutama untuk Sulawesi Utara,” sambng Limi.

Keseriusan Bupati terhadap dunia pertanian, maka dirinya meminta agar Dinas Pertanian dapat menyiapkan bibit-bibit yang bagus bagi petani.

“Saya meminta Dinas Pertanian, dapat menyiapkan bibit yang bagus bagi petanai,” ujar Bupati.

“Pada prinsipnya, sesuai amant Pak Presiden bahwa kita tidak hanya ingin menjaga ketahanan pangan, namun yang kita harapkan adalah kedaulatan pangan kita,” imbuhnya.

Di akhir sambutan Papa Fahmi sapaan akrab Limi Mokodompit, menyampaikan rasa bangga dirinya, karena masyarakat Desa Sinsingon bersatu, dapat mengembangkan pertanian yang begitu luar biasa.

“Pertanian merupakan pemicu yang luar biasa untuk Kabupaten Bolmong dan semoga untuk kedepannya hasil panen dapat lebih meningkat lagi,” harapnya.

Kemudian kegiatan tersebut ditutup dengan penyerahan bantuan bibit kopi dan pupuk cair oleh Bupati Limi Mokodompit kepada kelompok Tani setempat. (Advetorial)

 

Reporter : Wahyudy Paputungan

Komentar