Bupati Limi dan Ibu Iryanti Shalat Idul Adha di Masjid Nurul Yaqin Ibolian

BOLMONG – Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir Limi  Mokodompit MM melaksanakan Shalat Idul Adha 1443 Hijriah di Masjid Nurul Yaqin Desa Ibolian, Kecamatan Dumoga Tengah, Minggu 10 Juli 2022.

Bupati ikut didampingi Istri tercinta Ibu Iryanti Suleha Uswanas S Sos, selaku Ketua TP-PKK Kabupaten Bolmong.

Selain itu, ini tentu momen yang sangat membahagiakan bagi Bupati Limi Mokodompit, karena dirinya bisa menunaikan Shalat Idul Adha di kampung halaman sendiri dan bersilaturahmi bersama warga setempat.

Pantauan Bolmong.news, Bupati Limi Mokodompit saat tiba di Desa Ibolian, sekira pukul 06.45 Wita, langsung disambut antusias warga setempat.

Momen Bupati Limi Mokodompit saat saling maaf-memaafkan usai Shalat Idul Adha 1443 Hijriah, di Masjid Nurul Yaqin, Desa Ibolian, Minggu 10 Juli 2022. (foto.yudi paputungan)

Bupati yang didampingi Istri, turut diantar warga memasuki Masjid Nurul Yaqin, Desa Ibolian. Mengambil saff terdepan, Limi Mokodompit pun menunaikan Shalat Idul Adha bersama dengan penuh khusyuk.

Usai menunaikan Shalat Idul Adha 1443 Hijriah yang dipimpin Drs Hi Yayah Fasa, Bupati Limi Mokodompit ikut mendengarkan ceramah agama tentang peringatan Hari Raya Qurban yang dibawakan oleh Ketua MUI Bolmong Hi Sulaiman Amba SAg.

Selesai ceramah, Bupati bersama jamaah Nurul Yaqin Desa Ibolian ikut hanyut dengan suasana Idula Adha 1443 Hijriah. Tak lupa Limi ikut saling berpelukan bersama saudara, maupun kerabat untuk saling bermaaf-maafan.

Bahkan, Bupati usai melaksanakan Shalat Idul Adha, langsung meninjau penyembelian sapi qurban, di kompleks Masjid Nurul Yaqin Desa Ibolian.

Tampak momen Bupati Limi Mokodompit, saat menyaksikan penyembelian hewan qurban, di kompleks Masjid Nurul Yaqin, Desa Ibolian, Minggu 10 Juli 2022. (foto.yudi paputungan).

Selanjutnya, dirangkaikan dengan silaturahmi bersama warga Desa Ibolian, Kecamatan Dumoga Tengah, Bupati pun dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa perayaan Idul Adha bagi umat muslim merupakan momentum ketakwaan dan ketaatan seutuhnya sebagai hamba yang beriman. Tentu dalam pengorbanan yang semata-mata hanya ditujukan hanya kepada Allah SWT.

“Idul Adha merupakan jawaban atas sikap manusia terkait dengan interaksi sosial kemasyarakatan yang berorientasi pada kompensasi, timbal balik atas perhitungan untung rugi maupun hubungan kemanusiaan secara horizontal yang semakin tergerus oleh berbagai kepentingan dunia,” ucap Limi, saat memberikan sambutan pemerintah.

Ia menilai, momentum hari raya ini merupakan risalah tentang Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail, bahwa sesungguhnya dapat dipetik sebagai pelajaran hidup.

Dilanjutkan silaturahmi bersama warga Ibolian, Bupati Limi Mokodompit saat menyampaikan sambutan pemerintah di momen Idul Adha 1443 Hijriah, di kompleks halaman Masjid Nurul Yaqin, Desa Ibolian, Minggu 10 Juli 2022. (foto.yudi paputungan).

Sehingga, lanjut Limi, sebagai umat muslim harus dapat memiliki keikhlasan dan ketulusan dalam berbuat kebaikan dengan semata-mata hanya mengaharapkan pahala dari Allah SWT.

Seperti saat ini, diperlukan lebih banyak Ibrahim, Ismail dan Siti Hajar dalam kehidupan nyata di tengah pergaulan sehari-hari.

“Dalam kehidupan sangatlah penting menyembelih nafsu, sifat egoisme dan ambisi yang ada pada diri masing-masing, maka dari itu keikhlasan dalam berqurban paling utama, supaya tindakan kita dapat terbebaskan dari kepentingan pribadi dan kelompok,” turutnya.

“Begitu juga dengan penyelenggaraan pemerintah daerah. Dibutuhkan kesediaan seluruh komponen masyarakat untuk berqurban dalam hal pemikiran dan saran yang konstruktif, sehingga bisa terjalin sinergitas dalam membangun fisik dan psikis hingga kultur masyarakat,” sambung Limi.

Momen Bupati Limi Mokodompit saat melakukan ziarah ke makam kakeknya di Desa Ibolian, usai melaksanakan Shalat Idul Adha 1443 Hijriah. Minggu 10 Juli 2022. (foto.yudi paputungan).

Di akhir sambutannya, Bupati ikut mengajak agar untuk bersam-sama mendoakan para jamaah haji Bolmong, untuk selalu diberikan kesehatan dan kekuatan oleh Allah SWT selama berada di tanah suci Makkah hingga dapat kembali di tengah-tengah keluarga dalam keadaan selamat.

Selanjutnya, Bupati pun dan Ibu Iryanti Suleha Uswanas melakukan ziarah ke makam kakek dan pamannya di penguburan umum Desa Ibolian.

Bahkan, usai ziarah Bupati bersama jajarannya melanjutkan kegiatan silaturahmi bersama, di rumah dinas Bupati Bolmong, dengan warga setempat, Lolak, Kabupaten Bolmong. (Advetorial)

 

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar