Bendungan Lolak Mulai Beroperasi, Gubernur Olly Lakukan Pengisian Awal Waduk

BNews, BOLMONG – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menekan sirene pada seremoni pengisian awal air Waduk Bendungan Lolak di Bolaang Mongondow.

Bendungan Lolak yang tepat berada di Desa Pindol, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulut, Jumat 18 Agustus 2023 pagi tadi, pun resmi beroperasi.

Pengisian air itu dipimpin langsung Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Kedatangan Gubernur dua periode ini pun, diketahui menghadiri langsung undangan dari Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, pada kegiatan pengisian awal waduk Bendungan Lolak, di Kabupaten Bolmong.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sulut Olly Dondokambey pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi.

“Terima kasih pada Presiden Jokowi yang sudah membangun proyek strategis nasional di daerah ini yang nantinya bermanfaat bagi masyarakat,” ucap Olly.

Menurutnya, Presiden Jokowi terus mensuport pembangunan di Sulawesi Utara, salah satunya bendungan yang ada di Kabupaten Bolmong.

Terlebih lagi, bendungan yang menghabiskan anggaran triliunan ini, sangat bermanfaat positif bagi masyarakat Bolaang Mongondow.

Gubernur yang baru menerima tanda kehormatan Bintang Jasa Utama dari Presiden Jokowi, di Istana Negara belum lama ini mengatakan, jika bendungan Lolak multi fungsi bagi masyarakat luas.

Selain dapat mengisi air irigasi kurang lebih 2.214 hektar lahan sawah, waduk ini juga pengendali banjir. Penyediaan air baku saja kurang lebih 500 liter perdetik.

“Pada prinsipnya, bendungan ini akan menjadi kebanggaan bagi kita semua, khususnya masyarakat Bolaang Mongondow,” imbuhnya.

Olly pun menyampaikan rasa syukur, kendati musim panas ini, Bendungan Lolak bisa kita resmikan dengan pengisian awal air pada waduk.

“Kita harus bersyukur dan ini akan menjadi berkat bagi kita semua, terutama air bisa kita manfaatkan dengan sebaik mungkin,” tandas Olly.

Tampak pengisian air waduk diawali dengan penekanan sirene oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, ikut didampingi Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, I Komang Sudana, Kepala Sub Direktorat Wilayah III Kementerian PUPR, Pejabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit, anggota DPR RI, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling.

 

Penulis : Wahyudy Paputungan

Komentar