87 Orang Balon Sangadi ‘Adu Nasib’, Panitia Pilsang Lakukan Seleksi

BOLMONG Tercatat ada 87 orang peserta bakal calon (Balon) Sangadi atau Kepala Desa (Kades) akan adu nasib.

Diketahui, ke 87 orang ini merupakan peserta yang telah masuk tahap penjaringan balon Sangadi dari 13 desa, dengan kategori bakal calon lebih dari 5 orang. Sehingga itu akan diseleksi dengan mencari 5 orang yang berhak dipilih.

Hal ini pun berdasarkan Peraturan Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Nomor 17 Tahun 2019 tentang pedoman teknis penyelenggaraan pemilihan Sangadi (Pilsang) pada pasal 41 ayat 5 yang akan mengikuti penyaringan untuk memperoleh 5 orang balon Sangadi yang berhak dipilih.

Dijelaskan Asisten I Bidang Pemerintahan Deker Rompas menyampaikan, sesuai dengan Perbup yang dimaksut, ke 87 orang peserta ini wajib menjalani tes tambahan, mulai dari tes wawancara, pidato dan tes tulisan.

“Mereka ini masuk kategori bakal calon yang mendaftar lebih dari lima orang di desa mereka. Jadi wajib mengikuti penyaringan atau tes tambahan,” jelas Deker, saat di hubingi media ini, Senin (20/12).

Adapun rencana pembukaan seleksi balon Sangadi nantinya, akan digelar Senin (20/12) hari ini.

Dari 96 Desa Pilsang serentak di Kabupaten Bolmong, ada 13 desa yang masuk kategori lebih dari 5 orang yang mengikuti tahap penjaringan balon Sangadi, diantaranya, Desa Wangga Baru  ada 6 orang, Desa Totabuan ada 6 orang, Desa Motabang ada 8 orang, Desa Labuan Ukib ada 7 orang, Desa Sauk ada 6 orang, Desa Lolak Tombolango ada 8 orang, Desa Otam ada 6 orang, Desa Pangian Barat ada 8 orang, Desa Ambang Satu ada 7 orang, Desa Bolaang ada 6 orang, Desa Bantik ada 6 orang, Desa Lolan ada 6 orang, dan Desa Bilalang IV  ada 7 orang.

Dengan jumlah bakal calon ada 87 orang dan akan mengikuti tes tambahan.

Adapun sesuai jadwal yang ditetapkan panitia kabupaten, untuk pembukaan tes digelar Senin (20/12), bertempat di gedung SMP Negeri 1 Lolak Desa Motabang.

Kemudian pada hari ke II dan ke III, 87 orang ini, akan dilanjutkan dengan tes wawancara dan tes pidato, bertempat di Kantor Bupati lantai satu, Lolak, Kabupaten Bolmong.

 

(Yudi Paputungan)

 

Komentar