Pj Wali Kota Kotamobagu Terima Penghargaan atas Capaian IPS Kategori Baik Tahun 2024

BNews, KOTAMOBAGU – Penjabat (Pj) Wali Kota Kotamobagu, Abdullah Mokoginta, menerima penghargaan atas capaian Pemerintah Kota Kotamobagu sebagai daerah dengan Indeks Pembangunan Statistik (IPS) kategori baik pada tahun 2024.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Inspektur Utama Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia, Dr. Dadang Hardiawan, dalam acara Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Survei Pertanian 2023 se-Sulawesi Utara, yang digelar di Hotel Manado Tateli Resort pada Senin, 21 Oktober 2024.

Penghargaan ini diraih berkat peningkatan nilai IPS Pemkot Kotamobagu yang naik signifikan dari 1,6 pada tahun sebelumnya menjadi 2,99 pada tahun 2024, berdasarkan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) yang dilaksanakan oleh BPS.

Kepala Dinas Kominfo Kota Kotamobagu, Mohamad Fahri Damopolii, menyampaikan rasa syukur atas capaian ini dan mengapresiasi kerjasama seluruh perangkat daerah dalam pengelolaan data statistik sektoral.

“Penghargaan ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan statistik sektoral di lingkup Pemkot Kotamobagu telah berjalan sesuai harapan, bahkan lebih baik dari tahun sebelumnya. Ini juga berkat sinergitas perangkat daerah, khususnya Badan Pengelola Keuangan Daerah dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang menjadi bagian penilaian tahun 2024,” ungkapnya.

Dengan capaian ini, Pemkot Kotamobagu secara otomatis masuk dalam kategori daerah dengan IPS baik.

“Pemkot berharap ke depannya penyelenggaraan statistik sektoral dapat terus ditingkatkan,”tutupnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala BPS Sulawesi Utara, Aidil Adha, para Wali Kota dan Bupati penerima penghargaan, serta Kepala BPS dan Kepala Dinas Kominfo se-Sulawesi Utara.

Reporter: Nindy Pobela

Komentar