Luar Biasa, Ini Program Unggulan NK-STA yang Disampaikan Saat Kampanye Dialogis di Desa Bilalang Dua

BNews, POLITIK – Kampanye dialogis pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan-Sri Tanti Angkara (NK-STA), di Desa Bilalang Dua, Kecamatan Kotamobagu Utara, disambut antusias warga, Senin (30/9/2024) malam.

Berbondong-bondong masyarakat datang mendengarkan program kerja pasangan calon yang mengusung jargon Kotamobagu lebih maju ini, jika mereka terpilih pada 27 November 2024 nanti.

Sejumlah program unggulan yang disampaikan NK-STA dalam kampanye tersebut lebih menyasar pada kebutuhan dasar masyarakat. Seperti kesehatan, peningkatan ekonomi masyarakat, pendidikan hingga kebutuhan infrastruktur lainnya.

Dalam orasi politiknya, Nayodo Koerniawan menyampaikan akan melanjutkan lagi beberapa program yang sudah dilaksanakan di era pemerintahan TBNK (Tatong Bara-Nayodo Koerniawan).

“InsyaAllah jika NKSTA menang maka program anak asuh akan dikembalikan sebagaimana mestinya,” terang Nayodo.

Lanjutnya, untuk perbaikan jalan A.P Mokoginta yang menjadi akses penghubung beberapa desa dan kelurahan di Kotamobagu Utara, juga telah menjadi agenda prioritas NK-STA.

“Jalan ini masuk dalam kewenangan Pemeritah Provinsi, InsyaAllah NKSTA menang dan Steven Kandouw Denny Tueje menang, maka jalan ini akan menjadi perhatian kami untuk diperbaiki,” terangnya.

Terkait ketersediaan pupuk untuk menunjang produktifitas pertanian juga menjadi program NKSTA.

Nayodo menceritakan, saat menjadi wakil wali kota, dirinya pernah berkomunikasi dengan Petrokimia, soal pupuk yang kerap menjadi masalah bagi petani.

“Jawaban mereka, setiap tahun Petrokimia Gresik hanya memproduksi pupuk sebanyak 35 persen dari kebutuhan masyarakat setiap tahun, karena subsidi pemerintah hanya mampu sebesar itu,” kata Nayado.

Dalam kesempatan itu kata Nayodo, dia juga menanyakan solusi untuk permasalahan pupuk tersebut.

“Mereka meminta untuk perbaiki seluruh RDKK setiap tahun dan lakukan penguatan kelompok tani, dan itu jawaban mereka agar pupuk tidak langka dan kebutuhan petani dapat terpenuhi,” terangnya.

Sementara di sisi lain, terang Nayodo, harga pupuk non subsidi tidak dapat dijangkau oleh semua kalangan.

“Nah, Insya Allah jika NKSTA terpilih maka kami akan mencari solusinya,” kata dia.

Nayodo mengungkapkan, solusi yang akan dilakukan oleh NKSTA salah satunya adalah untuk mengusulkan Kota Kotamobagu sebagai daerah penyangga atau distributor pupuk di Provinsi Sulawesi Utara.

“Caranya adalah dengan membuat gudang Petrokimia di Kota Kotamobagu,” ungkapnya.

Untuk RSUD Kotamobagu juga akan ditingkatkan dengan pelayanan yang lebih masksimal.

“Insya Allah jika NK-STA terpilih kami akan meningkatkan kapasitas RSUD Kotamobagu dari grade C Grade A,” kata Nayodo.

NK-STA juga sudah mendesain RSUD Kotamobagu menjadi rumah sakit tematik.

“Insya Allah bukan hanya orang sakit yang akan ke rumah sakit, akan tetapi orang sehat juga bisa ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan,” ujarnya.

Dia mencontohkan, selama ini warga telah membayar BPJS tapi tidak pernah sakit atau masuk rumah sakit.

“Program NK-STA ini bukan hanya untuk orang sakit, tapi dalam keadaan sehat juga bisa pergi melakukan pemeriksaan di rumah sakit,” jelasnya.

Selain itu, NK-STA juga akan mendatangkan sejumlah dokter ahli. Diantaranya spesialis neurologi.

Dokter ini memiliki fokus diantaranya pada diagnosis dan pengobatan penyakit saraf akibat penuaan pada lansia.

“Jika kita sudah berusia di atas 50 tahun bisa melakukan pemeriksaan soal kepikunan. Harapannya akan memberikan dampak positif pada tingkat harapan hidup, ini juga menjadi program prioritas untuk memperhatikan kesehatan para lansia,” kata Nayodo sembari menambahkan, dirinya bersama Sri Tanti Angkara akan selalu bergandengan tangan untuk mewujudkan masyarakat Kota Kotamobagu lebih maju.

Di tempat yang sama, Sri Tanti Angkara mengatakan akan focus pada program kaum perempuan. Seperti peningkatan UMKM.

Sebagai satu-satunya perwakilan kaum perempuan, Istri dari Politisi Nasional Benny Rhamdani ini, akan memberikan penguatan terhadap kesejahteraan gender.

Dia akan mendrive untuk membentuk unit-unit yang menjadi simbol-simbol pertumbuhan ekonomi masyarakat mulai dari tingkat RT sampai tingkat kecamatan.

“Perempuan memiliki banyak keahlian dibidang usaha, seperti pembuatan kue, menjahit yang InsyaAllah ini akan menjadi prioritas NKSTA,” kata Sri Tanti Angkara.

Dia juga akan memberikan perhatian khusus untuk anak-anak sejak masih di kandungan hingga pada masa pertumbuhannya.

“Tentunya asupan gizinya harus baik untuk masa pertumbuhannya mulai dari kandungan, sampai anak itu lahir dan ini sudah menjadi komitmen kami NKSTA,” jelasnya.

Ketua DPC Hanura yang juga Sekretaris Pemenangan NK-STA menyampaikan tentang pentingnya Universitas Negeri di Kota Kotamobagu.

“InsyaAllah jika NKSTA menang, Universitas Negeri di Kotamobagu akan kami hadirkan sebagai salah satu program peningkatan kualitas pendidikan di Kota Kotamobagu,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kampanye tersebut, Plt Ketua DPC PDI Perjuangan yang juga ketua Tim pemenangan NK-STA, Adrianus Mokoginta, Ketua DPC Demokrat Regy Manoppo, sekretaris DPC PDI Perjuangan Royke Kasenda, Anggota DPRD Kotamobagu, Sandry Anugrah Hasanuddin, Alfitri Tungkagi, Yunita Lontoh, Henny Kaseger, Panji Merdeka Putra, Sande Dodo, Titi J Gumolili, Jayadi Paputungan dan ratusan warga Desa Bilalang Dua.

Penulis: Erwin Ch Makalunsenge  

Komentar