Pelatihan Teknis Medical First Responder 2024 di Kotamobagu Resmi Dibuka

BNews, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu secara resmi membuka Pelatihan Teknis Medical First Responder (MFR) untuk Potensi Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kantor Pencarian dan Pertolongan Manado Tahun 2024, di Hotel Sutan Raja Kotamobagu, Kamis (26/09/2024).

Pembukaan kegiatan tersebut diwakili oleh Asisten II Bidang Pembangunan dan Ekonomi, Adnan Masinae, yang hadir atas nama Penjabat (Pj) Wali Kota Kotamobagu Abdullah Mokoginta.

Pelatihan ini mengangkat tema “Melalui Pelatihan Teknis Medical First Responder (MFR) Bagi Potensi SAR, Kita Tingkatkan Potensi SAR yang Terlatih dan Siap Mendukung BASARNAS dalam Pelaksanaan Operasi SAR di Kotamobagu dan Sekitarnya”.

Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung hingga 2 Oktober 2024 ini bertujuan untuk mengasah kemampuan dan kesiapan potensi SAR dalam mendukung operasi penyelamatan oleh BASARNAS di wilayah Kotamobagu, Bolaang Mongondow, dan sekitarnya.

Dalam sambutannya, Adnan Masinae menyampaikan permohonan maaf dari Pj Wali Kota yang tidak dapat hadir karena tugas dinas mendadak.

“Pj Wali Kota sebenarnya telah bersiap untuk hadir, namun ada tugas dinas yang tidak bisa diwakilkan, sehingga beliau tidak bisa hadir pada acara ini,” ujar Adnan.

Membacakan sambutan Pj Wali Kota, Adnan menekankan pentingnya peran BASARNAS dalam membina potensi SAR di berbagai daerah. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan serta Peraturan Pemerintah No. 21 Tahun 2017.

“Pelatihan ini adalah langkah nyata yang sejalan dengan peraturan pemerintah untuk meningkatkan keterampilan dan kesiapsiagaan potensi SAR yang ada,” kata Adnan.

Ia juga memberikan apresiasi kepada BASARNAS atas upaya melibatkan masyarakat dalam pelatihan ini dan menyampaikan dukungan penuh dari Pemerintah Kota Kotamobagu terhadap setiap misi kemanusiaan BASARNAS.

“Pemerintah Kota Kotamobagu siap mendukung setiap misi kemanusiaan BASARNAS. Kami juga berterima kasih kepada para peserta yang sudah berkomitmen hadir dalam pelatihan ini,” pungkasnya.

Reporter: Nindy Pobela

Komentar