Pj Wali Kota Kotamobagu Hadiri Kornas Kesiapan Kepala Daerah di Pilkada Serentak 2024

BNews, KOTAMOBAGU – Penjabat (Pj) Wali Kota Kotamobagu, Abdullah Mokoginta, menghadiri kegiatan Koordinasi Nasional (Kornas) Kesiapan Kepala Daerah dalam menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pemilihan Serentak Tahun 2024. Acara ini digelar oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia pada Selasa, 17 September 2024, di Ecovention Ancol, Jakarta Utara.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga dan memastikan netralitas ASN selama Pemilihan Kepala Daerah serentak yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Bawaslu Republik Indonesia, Rahmat Bagja, bersama para anggota Bawaslu RI, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Haryomo Dwi Putranto, serta perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. Selain itu, turut hadir para gubernur, bupati, wali kota, dan Bawaslu dari provinsi serta kabupaten/kota se-Indonesia.

Salah satu agenda penting dalam kegiatan ini adalah pembacaan Deklarasi Kepala Daerah untuk menjaga netralitas ASN pada Pemilihan Serentak 2024. Deklarasi tersebut dibacakan oleh Pj. Gubernur Nusa Tenggara Timur, Pj Bupati Biak Numfor, dan Pj Wali Kota Palembang.

Dalam beberapa kesempatan sebelumnya, Pj Wali Kota Kotamobagu, Abdullah Mokoginta, selalu mengingatkan kepada seluruh ASN, sangadi, lurah, dan perangkat pemerintah di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu untuk senantiasa menjaga netralitas mereka selama proses Pemilihan Kepala Daerah berlangsung.

Pemilihan Serentak yang akan diadakan pada 27 November 2024 mendatang menjadi momen penting bagi pelaksanaan demokrasi di berbagai daerah, termasuk di Kota Kotamobagu. Abdullah Mokoginta berharap, dengan netralitas ASN, pemilihan tersebut dapat berjalan dengan lancar, jujur, dan adil, serta menghasilkan pemimpin yang berkualitas.

Reporter: Nindy Pobela

Komentar