Wali Kota Kotamobagu Sambut Kunjungan Kerja Pangdam XIII/Merdeka

KOTAMOBAGU—Wali Kota Kotamobagu, Ir Tatong Bara, menyambut kunjungan kerja Panglima Kodam (Pangdam)  XIII/Merdeka,  Mayjen. TNI Alfred Denny Djoike Tuejeh bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Cicilia Evie Denny Djoike Tuejeh dan rombongan, bertempat di Rumah Dinas Walikota Kotamobagu, Jumat  14 Januari 2022.

Dalam sambutannya Wali Kota Kotamobagu, Ir Tatong Bara menyampaikan, rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada Pangdam serta rombongan yang melaksanakan kunjungan kerja di wilayah yang dipimpinnya.

“Mewakili pemerintah daerah dan atas nama seluruh masyarakat Bolaang Mongondow Raya, saya mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan kerja sekaligus silaturahmi Pangdam XIII/Merdeka bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana dan rombongan di daerah adat Kota Kotamobagu dengan sapaan bahasa adat Dega’ Niondon Komintan (Selamat datang semuanya), ucap Wali Kota.

Mengawali sambutannya itu, Wali Kota dua periode itu menyampaikan tentang kondisi dan keadaan se Bolaang Mongondow raya, dalam keadaan aman dan terkendali dari Covid.  Dimana untuk penanganan covid di setiap daerah capaiannya sudah sangat baik.

“Alhamdulillah setiap daerah di wilayah bolmong raya capaian vaksinasi sudah sangat baik, dan insha allah pertemuan ini akan lebih mempererat kita dalam rangka menunjang pembangunan dan kemasyarakatan di daerah yang kita cintai. Insya Allah saling menguatkan, seperti halnya kata  pepatah “Torang sama-sama bekerja tapi torang bekerja bersama-sama, yang perlu dukungan kita semua,” kata Tatong.

“Kami kepala daerah se Bolaang Mongondow Raya meminta arahan, bimbingan dan tuntunan dari bapak Pangdam XIII/merdeka untuk daerah ini. Alhamdulillah kondisi setiap wilayah di BMR sangat aman, koordinasi serta kerjasama dengan TNI-Polri sangat baik sehingga kondisi daerah sangat terkendali didukung dengan filosofi Bolaang Mongondow yaitu, Mototompian, Mototabian bo Mototanoban yang senantiasa dipegang oleh masyarakat di Bolaang mongondow Raya,” tambah wali kota.

Sementara itu, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfred Denny Djoike Tuejeh, menjelaskan, dalam kunjungan perdananya di Bolaang Mongondow Raya ini, ia membawa kurang lebih 60 pejabat utama Kodam XIII/Merdeka.

Pangdam menuturkan bahwa dirinya merupakan putra asli Sulawesi Utara yang lahir di Tondano.

“Saya tinggal di Tataaran II, dan lahir besar di sana. Istri saya orang malang. Tentunya saya sangat senang berkunjung di sini. Saya pernah datang ke sini pada tahun 2018 waktu itu kegiatan Wasev TMMD. Kalau tidak jadi Pangdam mungkin kapan bisa melihat Bolmong Raya, yang pasti Torang Samua Basudara,” ucap Pangdam.

Selain itu, Pangdam juga menyampaikan bahwa dirinya telah memberikan arahan kepada Dandim 1303 Bolmong serta prajurit TNI di wilayah Bolmong Raya untuk selalu hadir jika ada masalah yang timbul di daerah.

“Tugasnya tentara itu pada masa damai ini untuk memberikan jaminan kepada wali kota dan bupati untuk bisa melaksanakan program-program pembangunan serta upaya peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakatnya. Itu tugasnya Dandim untuk membantu mengamankan program serta kebijakan kepala daerah dan termasuk tugas saya juga selaku Pangdam,” tuturnya.

Turut hadir dalam kunjungan Pangdam XIII/Merdeka, diantaranya Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, mewakili Bupati Bolmong, mewakili Bupati Bolmut, Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan, Wakil Ketua DPRD Kotamobagu, Herdi Korompot, Dandim 1303 Bolmong Letkol Inf Raja Gunung Nasution, Kapolres Kotamobagu AKBP Irham Halid SIK, Sekretaris Daerah Kotamobagu Sande Dodo, para asisten serta pimpinan OPD dari Kotamobagu, Bolsel, Boltim, Bolmong dan Bolmut.

(Erwin Makalunsenge)

Komentar